Contoh penerapan analisis swot dalam perencanaan pembangunan

Berikut ini adalah pertanyaan dari edi114467 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Contoh penerapan analisis swot dalam perencanaan pembangunan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pengertian Analisis SWOT

Pengertian analisis SWOT secara garis besar adalah teknik identifikasi berbagai faktor dan unsur penentu pembangunan suatu institusi atau daerah secara sistematis.

Berdasarkan pengertian analisis SWOT ini maka analisis SWOT didasarkan pada kondisi umum institusi bersangkutan baik internal maupun eksternal guna mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan oleh para pemangku kepentingan. Teknik analisis SWOT bertujuan untuk merumuskan strategi pembangunan institusi yang lebih tepat sesuai kondisi dan potensi institusi yang bersangkutan. Dalam penerapannya, institusi yang dimaksud dapat berupa perusahaan, dinas atau instansi pemerintah.

Kekuatan utama analisis SWOT adalah teknik ini dapat melakukan evaluasi secara lebih tajam dan terarah tentang kondisi institusi atau daerah yang bersangkutan. Analisis SWOT dapat pula digunakan untuk perumusan strategi pembangunan secara sistematis sesuai dengan kondisi dan lingkungan institusi atau daerah yang bersangkutan dalam rangka menghadapi persaingan sesama institusi atau daerah terkait.

Istilah SWOT merupakan singkatan dari empat kata yaitu Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Threat (ancaman). Keempat aspek ini dianggap penting untuk dianalisis untuk mendapatkan gambaran dan mengetahui kondisi serta permasalahan yang dihadapi oleh institusi atau daerah tertentu. Keempat aspek tersebut dikelompokkan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Aspek kekuatan dan kelemahan pada dasarnya adalah faktor internal yang berasal dari dalam lingkup tugas suatu institusi atau daerah tertentu. Sedangkan aspek peluang dan ancaman merupakan faktor eksternal yang berasal dari luar daerah atau ruang lingkup tugas tertentu tetapi berpengaruh terhadap masa depan institusi atau daerah tersebut.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh 112233suryani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 29 Sep 21