3. Penggunaan pupuk pestisida pada tanaman telah menyebabkan hasil panenannya

Berikut ini adalah pertanyaan dari merisinta26 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Penggunaan pupuk pestisida pada tanaman telah menyebabkan hasil panenannya mengandung zatpestisida yang tidak baik terhadap Kesehatan manusia. Kerusakan tanah dan pencemaran air juga
dapat terjadi akibat penggunaan pestisida.
Berdasarkan kenyataan di atas, apakah pendekatan environmentalisme dalam Geografi masih sesuai
dengan kondisi pada saat ini? Jelaskan 4 (empat) argumentasi Saudara dengan didukung pendapat
minimal 1 ahli!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Seharusnya masih sesuai karena penggunaan bahan kimia pada tanaman semakin lama bisa berbahaya bagi masyarakat yang mengkonsumsinya. Sayangnya, environmentalisme menjadi kurang relevan untuk saat ini dengan alasan penggunaan pestisida bisa mencegah tanaman dari kerusakan sehingga tanaman menjadi lebih bagus dan potensi terjualnya lebih besar.

Penjelasan:

Environmentalisme menurut Walhi adalah gerakan sosial dan politik dengan tujuan pelestarian, restorasi dan peningkatan kualitas hidup melalui pendidikan publik, advokasi perubahan gaya hidup, perbaikan perencanaan komunitas, perubahan ekonomi uang dan perombakan kebijakan negara.

Environmentalisme sebenarnya selalu dapat diterapkan selama masa kehidupan karena manusia dituntut untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup. Hal tersebut sesuai dengan konsep Environmentalisme dari Apriwan (2011) yaitu yang berhubungan erat dengan falsafah alam sekitar.  yaitu berkenaan dengan hakikat sebenarnya hubungan manusia dan alam sekitar serta harmonisasi perilaku manusia terhadap alam sekitar.

Materi pembahasan tentang jenis-jenis lingkungan hidup dapat disimak pada link berikut: yomemimo.com/tugas/37286746

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ArdhaIchsan dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 01 Aug 22