Dalam era yang serba digital dan modern seperti masa

Berikut ini adalah pertanyaan dari fajarbalq pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dalam era yang serba digital dan modern seperti masa sekarang bagaimana menurut pendapatsaudara peran Antripologi Hukum mempertahankan kebudayaan lokal?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Peran antrpologi hukum mempertahankan kebudayaan lokal adalah sebagai pengendali perilaku menyimpang dan mengetahui tatanan hidup dalam masyarakat, selain itu sebagai pemberi semacam regulasi dalam menerima kebudayaan dari luar agar mengambil nilai-nilai positifnya dan kebudayaan sendiri tak dilupakan atau luntur begitu saja. Lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Penjelasan:

Dalam kehidupan, manusia pasti mengalami kemajuan di tiap waktunya sebab manusia ialah makhluk yang pemikir dan hasil dari pemikiran itu sudah banyak membuahkan penemuan-penemuan dari segi teknologi, kebudayaan dan teori. Di era serba digital ini sudah banyak sekali perubahan-perubahan yang bisa kita rasakan di kehidupan sehari-hari dan hal itu juga memberi pengaruh kebudayaan yang ada di masyarakat. Dan perubahan itu kadang mengikuti perubahan dari adanya globalisasi.

Hubungannya dengan antropologi ialah sebab antropologi merupakan ilmu yang mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan manusia dan antropologi ini bisa meliputi beberapa ilmu disiplin seperti sosiologi, hukum,  psikologi, ilmu politik, ilmu sejarah, ilmu humaniora, dan biologi manusia bahkan juga humaniora.

Peran antropologi hukum dalam mempertahankan budaya lokal di era digitalisasi ini sangat penting sebagai peningkatan dan pengendali pemahaman kita terkait masyarakat dalam usaha mempertahankan budaya lokal dari ancaman budaya luar dengan proses globalisasi yang berkembang sangat pesat ini. Dengan antropologi kita bisa memilah mana hal yang buruk dan mana hal yang baik. Antropologi sebagai bentuk ilmu yang bisa berkembang mengikuti zaman dan dipelajari selama manusia masih ada yang memperoleh permasalahan disitulah antropologi selalu diperlukan dalam menyelesaikan masalah mereka.

Selain itu juga, antropologi hukum berfungsi sebagai mengetahui tatanan hidup dalam masyarakat, untuk memahami apa yang harus kita lakukan guna menghadapi permasalahan dalam budaya, untuk mengetahui peran dan kedudukan kita di masyarakat. Kemudian, selain itu sebagai pemberi semacam regulasi dalam menerima kebudayaan dari luar agar mengambil nilai-nilai positifnya dan kebudayaan sendiri tak dilupakan atau luntur begitu saja. Lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Materi tentang Antropologi: yomemimo.com/tugas/928472
  2. Materi tentang Jenis Antropologi : yomemimo.com/tugas/42346013

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 24 Jan 22