jika perekonomian dalam keadaan lesu, pemerintah dapat melakukan intervensi dengan

Berikut ini adalah pertanyaan dari niyahrohmah30 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

jika perekonomian dalam keadaan lesu, pemerintah dapat melakukan intervensi dengan menambah pengeluaran negara. pernyataan tersebut sesuai dengan fungsi APBN yaitu fungsi A. stabilisasi B distribusi C alokasi D realisasi E pengawasan​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jika perekonomian dalam keadaan lesu, pemerintah dapat melakukan intervensi dengan menambah pengeluaran negara. Pernyataan tersebut sesuai dengan fungsi APBN yaitu..

A. Stabilisasi

Penjelasan:

Fungsi APBN dibagi menjadi 6 yaitu :

  1. Fungsi alokasi yaitu APBN digunakan untuk mengurangi pengangguran serta sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian.
  2. Fungsi stabilisasi yaitu APBN digunakan untuk menjaga keseimbangan masyarakat melalui intervensi atau keterlibatan pemerintah guna mencegah inflasi dan deflasi yang tinggi.
  3. Fungsi otoritas dimana APBN adalah tonggak atau pedoman pendapatan dan belanja negara setiap tahunnya.
  4. Fungsi distribusi yaitu APBN berfungsi untuk menyalurkan dana pada masyarakat berdasarkan alokasi yang sudah disesuaikan dan ditetapkan. Selain itu, fungsi distribusi juga berguna untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang merata di seluruh Indonesia.
  5. Fungsi perencanaan yaitu APBN menjadi pedoman bagi pemerintah untuk merencanakan kegiatan. APBN juga berguna untuk mengatur serta merencanakan dana atau pendapatan yang dimiliki agar bisa digunakan dengan baik dan tepat guna.
  6. Fungsi pengawasan dimana APBN berperan sebagai pedoman dalam melakukan penilaian serta pengawasan pada berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah agar sesuai dengan rencana awal.

Pelajari lebih lanjut

Pengertian APBN

yomemimo.com/tugas/1833702

#belajarbersamabrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh resitaana95 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 17 Apr 22