Cari menganalisis wacana berikut! Pada tahun 2015 perekonomian Indonesia dibayangi

Berikut ini adalah pertanyaan dari angginovitasar2019 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Cari menganalisis wacana berikut! Pada tahun 2015 perekonomian Indonesia dibayangi oleh pelemahan pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan rendahnya harga minyak dunia. Bahkan, bayangan pelemahan tersebut juga masih terjadi pada awal Januari 2016. Pemerintah telah menyiapkan tiga langkah khusus untuk menghadapi tantangan perekonomian global ke depan, yaitu menjaga daya beli masyarakat, mendorong investasi swasta serta mendorong kualitas belanja pemerintah. Kombinasi ketiga langkah tersebut diharapkan menimbulkan optimisme perekonomian Indonesia. Untuk meningkatkan daya beli masyarakat, pemerintah akan terus berupaya menjaga tingkat inflasi. Hal ini dilakukan antara lain dengan mengendalikan harga kebutuhan pokok seperti beras, daging, dan lain-lain. Untuk terus mendorong minat masyarakat dalam berwirausaha, pemerintah memberikan kredit usaha rakyat (KUR) berbunga rendah. Pemerintah juga menyiapkan berbagai insentif fiskal untuk mendorong investasi swasta. Selain meningkatkan kualitas, kebijakan belanja pemerintah tahun ini akan diarahkan untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan. Salah satu caranya adalah memberi bantuan yang lebih terarah, yaitu memberi lebih banyak bantuan kepada masyarakat yang berhak dalam bentuk bantuan tunai bersyarat.3.bagaimana penerapan sistem ekonomi Pancasila dalam mengatasi masalah tersebut​?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Secara normatif landasan Idil sistem ekonomi Indonesia adalah Pancasila dan UUD 1945. Dengan demikian maka sistem ekonomi Indonesia adalah sistem ekonomi yang berorientasi kepada Ketuhanan Yang Maha Esa (berlakunya etik dan moral agama, bukan materialisme); Kemanusiaan yang adil dan beradab (tidak mengenal pemerasan atau eksploitasi); Persatuan Indonesia (berlakunya kebersamaan, asas kekeluargaan, sosio-nasionalisme dan sosio-demokrasi dalam ekonomi); Kerakyatan (mengutamakan kehidupan ekonomi rakyuat dan hajat hidup orang banyak); serta Keadilan Sosial (persamaan/emansipasi, kemakmuran masyarakat yang utama bukan kemakmuran orang-seorang).

JADIKAN TERCERDAS YAAA

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh herliani509 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 09 Mar 22