mengapa distribusi pendapatan tidak merata pada negara yang menganut sistem

Berikut ini adalah pertanyaan dari corulgmg01 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Mengapa distribusi pendapatan tidak merata pada negara yang menganut sistem ekonomi pasar bebas​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

pasar bebas dimaknai dengan pasar, dimana penjual dan pembeli dengan bebas menentukan perdagangan dan bisnisnya. Dari kebebasan itu, pasar bebas ini memunculkan beberapa kelemahan, seperti kualitas produk yang kurang baik, seringnya terjadi monopoli dagang, bahkan juga juga terjadi ketidaksetaraan ekonomi, yang membuat pendapatan ekonomi tidak merata.

Hal ini disebabkan oleh pesatnya perkembangan globalisasi, sehingga pasar bebas di terapkan di berbagai negara. Selain itu distribusi pendapatan pada suatu negara pun tidak merata, karena bagian daerah yang strategis dan memiliki potensi sumber daya yang besar akan memiliki pendapatan ekonomi yang lebih besar dibandingkan dengan daerah lainya. Selain itu, konsep pasar bebas ini adalah pedagang dan pembeli bebas menentukan bisnisnya juga ikut menyebabkan sulitnya pemerataan pendapatan karena tidak adanya pihak yang menaungi dan menjamin terhadap bisnis dan usaha yang mereka jalankan. Maka dari itulah, sulit sekali pemerintah untuk meratakan pendistribusian pendapatan.

Semoga membantu,

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rahmat615 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 02 Dec 21