2 Selain untuk membayar gaji pegawai dan belanja barang modal,

Berikut ini adalah pertanyaan dari anwartriyolvin pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Selain untuk membayar gaji pegawai dan belanja barang modal, uang pajak digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program pro-rakyat seperti penyediaan sekolah murah, penambahan fasilitas kesehatan, dan subsidi pembangunan rumah Sebutkan! Fungsi apakah yang melekat pada pajak sesuai ilustrasi di atas?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Fungsi Anggaran (Budgeter)

Fungsi pajak sebagai anggaran dijelaskan bahwa pemanfaatan pajak sebagai sumber pemasukan dana bagi kas negara yang berpedoman pada Undang-Undang Perpajakan yang ditetapkan. Semua belanja dan pengeluaran negara yang bersifat pembiayaan rutin seperti belanja barang, pemeliharaan, belanja pegawai, dan jenis pembelanjaan negara yang lainnya merupakan bentuk dari fungsi anggaran pajak.

Fungsi Mengatur (Regulerend)

Pajak berfungsi untuk mengatur, yaitu sebagai alat yang digunakan pemerintah untuk mencapai tujuan tertentu yang dapat melengkapi fungsi anggaran. Investasi dalam negeri maupun luar negeri yang mendorong pertumbuhan ekonomi diberikan keringanan atas pajak oleh pemerintah. Sedangkan untuk melindungi produksi dalam negeri, bea masuk yang diberlakukan untuk produk dari luar negeri dikenai harga yang cukup tinggi.

Fungsi Stabilitas

Melalui fungsi stabilitas, pajak berperan sebagai sumber dana bagi pemerintah dalam menjalankan kebijakan yang terkait dengan stabilitas harga, sehingga dapat mengontrol dan mengendalikan inflasi. Pertumbuhan ekonomi dapat dikelola dan diatur melalui kebijaksanaan pajak yang ditetapkan. Hal tersebut diterapkan untuk mengatur peredaran uang dalam masyarakat terkait pemungutan pajak serta penggunaan pajak secara efektif dan efisien.

Fungsi Retribusi Pendapatan

Pembiayaan atas seluruh kepentingan umum merupakan fungsi pajak sebagai retribusi pendapatan. Termasuk dalam membiayai pembangunan yang dapat membuka kesempatan kerja dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan ekonomi.

Itulah sekilas tentang manfaat dan fungsi pajak bagi negara maupun masyarakat. Dengan memahami pentingnya peran pajak untuk menopang perekonomian negara seharusnya dapat meningkatkan kesadaran masyarakat termasuk Anda sebagai Wajib Pajak agar semakin tertib dalam melakukan pembayaran pajak negara.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rizkyciecie645 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 20 Jun 22