jelaskan perbedaan pengelolaan BUMN pada masa sekarang dibandingkan dengan di

Berikut ini adalah pertanyaan dari cantiknandaa778 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan perbedaan pengelolaan BUMN pada masa sekarang dibandingkan dengan di masa lalu​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Perbedaan pengelolaan BUMN pada masa sekarang dibandingkan dengan di masa lalu​

Penjelasan:

Saya akan mencoba merangkum perbedaan-perbedaan kondisi perusahaan BUMN di era Soeharto dan era di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono:

1. Dikuasai jenderal dan birokrat: Pada masa Orde Baru, BUMN memang sudah cukup maju. Hanya saja, masih dipimpin birokrat dan jenderal. Nuansa militer dan birokrat memang cukup kental di era Presiden Soeharto.

2. Kental nuansa politis: Ekonom Dawam Rahardjo menyebutkan, ketika perusahaan pelat merah dipimpin oleh banyak orang politik dan jenderal, maka secara tidak langsung perusahaan akan cenderung dekat dengan kepentingan politik.

3. Lembaga sosial bukan perusahaan: Di era orde baru, banyak stigma atau pendapat negatif terkait nuansa birokrat dan jenderal dalam tubuh perusahaan negara. Perusahaan BUMN dinilai tidak akan menjadi profesional.

4. Lebih inovatif

5. Menjawab cita-cita konstitusi: Saat ini, keberadaan dan perkembangan perusahaan pelat merah atau perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dinilai telah melebihi cita-cita konsistusi. Dalam konstitusi negara hanya diatur 3 bidang untuk BUMN yaitu menguasai hajat hidup orang banyak, mengatur sumber daya alam, serta sebagai social protection atau sosial instrumen.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang :

Apa yang dimaksud BUMN? pada yomemimo.com/tugas/1826594

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 20 Jun 22