Dalam skema penyelesaian masalah kepemimpinan menurut konsep situational leadership, ada

Berikut ini adalah pertanyaan dari muhamadaldimelenio19 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dalam skema penyelesaian masalah kepemimpinan menurut konsep situational leadership, ada empat tipe pengikut yang memiliki kondisi dan karakteristik berbeda. Oleh karena itu sebagai pemimpin, anda perlu memahaydan melakukan aksi kepemimpinan yang sesuai dengan kondisi dan karakter bawahan anda jelaskan menurut konsep situational leadershipa. Empat kondisi dan karakter bawahan b. Empat aksi kepemimpinan yang paling tepat untuk keempat karakter bawahan diatasdan alasannya​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. 4 kondisi dan karakter bawahan

R1 : Anggota kelompok, keterampilan, dan kemauan untuk menyelesaikan tugas.

R2: Orang tersebut senang dan antusias untuk menyelesaikan tugas, tapi tidak memiliki atau keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukannya.

R3 : Anggota kelompok memiliki keterampilan dan kemampuan untuk mengerjakan tugas, tetapi tidak mau bertanggung jawab atau menyelesaikannya.

R4 : Anggota sangat ahli, berpengetahuan mumpuni, menghargai, dan bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas.

b. 4 aksi kepemimpinan yang tepat untuk 4 karakter bawahan

1. GAYA KEPEMIMPINAN DIREKTIF

gaya pemimpin direktif Lebih banyak memberikan petunjuk untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, low-supportive. Menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang benar menjadi perhatiannya yang utama.

Sesuai untuk :

Level pengembangan karyawan yang belum memiliki kapabilitas / kompetensi yang cukup

2. GAYA KEPEMIMPINAN PELATIH

Sering memberikan petunjuk untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, tetapi juga dekat dengan karyawan / high-supportive, untuk membuat karyawan senantiasa lebih baik dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Sesuai untuk:

level pengembangan karyawan yang mulai memahami pekerjaannya

3. GAYA KEPEMIMPINAN SUPORTIF

Tidak banyak memberikan petunjuk untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, akan tetapi tetap menjaga kedekatan dengan karyawan / suportif. Fokus untuk memberdayakan orang untuk melaksanakan pekerjaan dan mengambil keputusan, dengan tetap mengetahui bahwa pemimpinnya akan selalu ada jika dibutuhkan.

Sesuai untuk:

Karyawan yang sudah cukup mampu dan memiliki kapasitas serta kompetensi yang cukup

4. GAYA KEPEMIMPINAN DELEGASI

gaya pemimpin delegasi Tidak banyak memberikan petunjuk dan juga low-supportive. Anggota team dapat melakukan pekerjaan lebih baik dari yang dilakukan pemimpin, sehingga waktu pemimimpin lebih efektif jika dihabiskan untuk hal-hal lain.

Sesuai untuk:

karyawan yang sudah sangat kompeten dalam melaksanakan tugasnya.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh risna2283 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 29 Sep 21