1. Apa yang kamu ketahui tentang MEA? 2. Apa yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari arfasyakiraofficial pada mata pelajaran IPS untuk jenjang Sekolah Dasar

1. Apa yang kamu ketahui tentang MEA?2. Apa yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha dalam menghadapi MEA? Jelaskan
3. Apa yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia agar mampu ikut berpartisipasi di MEA?
4. Sebagai pelajar, Apa yang harus kamu lakukan mulai saat ini agar nanti ketika sudah menyelesaikan pendidikan mampu ikut berpartisipasi di Mea?
5. Apa manfaat Mea bagi Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya?
Tolong donk di jawab ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Masyarakat Ekonomi Perbara atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) (bahasa Inggris: ASEAN Economic Community, disingkat AEC) adalah sebuah integrasi ekonomi Perbara dalam menghadapi perdagangan bebas antarnegara Perbara.[1][2] Seluruh negara anggota Perbara telah menyepakati perjanjian ini. Dengan keberadaan MEA, masyarakat diharapkan untuk bersosialisasi dan meningkatkan kemampuan negara agar lebih maju.

2. Yang perlu diperhatikan oleh para pelaku usaha dalam menghadapi MEA yaitu dengan meningkatkan kualitas produk dan memiliki daya tarik tersendiri di kawasan ASEAN agar semakin banyak yang tertarik dengan produk kita.

3. Yang perlu disiapkan oleh tenaga kerja Indonesia adalah mempersiapkan diri sebagai tenaga kerja yang mempunyai kualitas sumber daya manusia yang bisa bersaing.

4. (1 . Belajar dengan tekun dan giat

(2. Mengasah kreativitas, skill

(3. Mengasah kemampuan bahasa

5. (1. Bertambahnya Keuntungan atau Laba Negara Salah satu manfaat MEA bagi Indonesia dan negara ASEAN adalah bertambahnya laba atau keuntungan negara. Hal ini dikarenakan karena ekspor yang enggak terkena biaya sehingga membuat margin pendapatan negara jadi lebih besar sehingga laba yang didapatkan juga jadi lebih besar.

(2. Kegiatan Ekspor Jadi Lancar Dengan adanya MEA, kegiatan ekspor antar negara jadi lebih mudah dan lancar. Hal ini disebabkan karena enggak ada bea cukai sehingga pengiriman barang enggak tertunda. Barang yang berasal dari Indonesia juga lebih cepat datang dengan kuakitas yang terjamin. Hal ini juga menguntungkan beberapa sektor perkebunan dan perikanan yang membutuhkan kelancaran saat melakukan ekspor.

(3. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat MEA juga mendukung program pertukaran tanaga kerja dari berbagai negara, Kids. Tentunya hal ini akan menguntungkan bagi Indonesia karena peluang pekerjaan jadi lebih luas. Dengan adanya lapangan pekerjaan yang memadai, maka kesejahteraan masyarakat juga akan semakin meningkat.

(4. Investasi dari Luar Negera Meningkat

Selain itu, MEA juga dapat meningkatkan investasi dari berbagai negara. Hal ini juga dapat menguntungkan negara kita karena ada banyak sekali perusahaan dan bisnis kecil yang membutuhkan tambahan dana.

(5. Industri Kreatif Semakin Berkembang

Manfaat lainnya yang dirasakan oleh Indonesia dan negara ASEAN lainnya adalah meningkatnya industri kreatif dan semakin berkembang. Hal ini dikarenakan perdagangan internasional yang selalu menuntut produk untuk inovatif dan tenaga kerja yang kompeten. Sehingga hal ini membuat SDM Indonesia semakin berusaha untuk meningkatkan kualitas produk agar mampu bersaing dengan produk internasional.

(6. Stabilitas Perekonomian Negara Manfaat dari MEA juga mampu mempersempit kesenjangan sosial penduduk di sebuah negara. MEA juga dapat mempermudah alur perdagangan secara internasional dan hal ini menjadikan perekonomian negara akan semakin stabil.

SEMOGA BERMANFAAT

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh diowicaksono52 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 23 Feb 22