Bagaimana dampak negatif bila pengusaha tidak menjalankan usaha sesuai

Berikut ini adalah pertanyaan dari halimahtussadiah2103 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bagaimana dampak negatif bila pengusaha tidak menjalankan usaha sesuai dengan etika bisnis?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dalam kondisi ideal atau dalam dunia utopia, pengusaha yang mengabaikan etika bisnis mungkin akan mengalami kerugian dalam bisnisnya. Sayangnya di dunia bisnis yang sebenarnya, etika hanyalah sebuah teori dan nyaris jarang menjadi acuan dalam berbisnis. Sehingga bisa dibilang dampak negatif dari bisnis tanpa etika nyaris tidak ada.

Penjelasan:

Dunia bisnis, apalagi bisnis modern saat ini, yang terpenting adalah profit dan bagaimana dapat menjual barang atau jasa yang dimiliki. Idealnya bisnis adalah tentang kepercayaan dan jika bisnis tidak mengenal etika, maka tingkat kepercayaan kepada pengusaha tersebut akan pudar. Namun pada kenyataannya, terutama di Indonesia, semua bisa dilobi dan diselesaikan dengan uang, termasuk dalam hal legalitas.

Berikut ini adalah pelanggaran etika bisnis yang sudah dianggap jamak dan  dilakukan di hampir banyak sektor bisnis.

  • tidak memberikan kompensasi yang layak kepada karyawan, bahkan cenderung berusaha mempermainkan aspek legalitas demi alasan 'efisiensi' yang tidak relevan.
  • berusaha menghindari pajak, dengan mengakali berbagai regulasi yang ada, dan jika perlu mencari 'sokongan' pihak 'orang dalam'/ pemerintah
  • ekpansi grup mini market yang letaknya terkadang bersebelahan di wilayah perkampungan yang akhirnya menyingkirkan porsi keuntungan toko kelontong di area yang sama.
  • melakukan lobi politik dengan pejabat demi kelancaran sebuah proyek. Bahkan proses bidding sebuah proyek bisa dimanipulasi dengan 'orang dalam' dengan membayar kompensasi.
  • tidak membayar ganti rugi kepada pemilik yang dirugikan akibat kesalahan pengelolaan limbah ataupun teknis, dan bersembunyi dibalik regulasi sehingga kewajiban tersebut terhindarkan. Contoh paling terlihat adalah kasus PT Lapindo dan bencana lumpur di Sidoarjo dimana si pengusaha nyaris tidak melakukan ganti rugi yang semestinya tanpa campur tangan pemerintah.
  • adanya spekulan dalam bisnis yang bisa mempermainkan harga namun tidak ada larangan dalam prakteknya di dunia bisnis.

Jika hal-hal diatas saja sudah diabaikan, maka lagi-lagi etika bisnis hanyalah sebuah teori yang tidak ada implementasinya kecuali adanya ketertiban dalam berbisnis seperti yang dilakukan di beberapa negara maju.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang etika bisnis

yomemimo.com/tugas/26154416

yomemimo.com/tugas/9413571

yomemimo.com/tugas/29706282

Detail Jawaban:

Kelas: SMA

Mapel: Ekonomi

Bab: Ilmu ekonomi dan permasalahannya

Kode: 10.12.1

#JadiRangkingSatu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh MRWAR dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 02 Aug 21