1 Diketahui transaksi selama bulan Juli 2021 yang terjadi pada CV.

Berikut ini adalah pertanyaan dari mochamadfaisal143 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Diketahui transaksi selama bulan Juli 2021 yang terjadi pada CV. Jayden Jaya adalah sebagai berikut:• 01/07/2021: Diinvestasikan oleh Tn. Jayden uang untuk pendirian perusahaan sebesar Rp50.000.000,-

• 05/07/2021: Dibeli gedung seharga Rp20.000.000,- secara tunai

• 10/07/2021: Diperoleh pendapatan jasa sebesar Rp15.000.000,- baru diterima pembayaran sebesar Rp10.000.000,- sisanya bulan depan.

• 15/07/2021: Dibayar beban iklan sebesar Rp500.000,-

• 20/07/2021: Dibayar beban gaji sebesar Rp1.500.000,-

• 30/07/2021: Diambil untuk kepentingan pribadi sebesar Rp10.000.000,-

Diminta: Buatlah jurnal untuk transaksi-transaksi diatas. 50



Modul 2

KB 1


Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jurnal untuk transaksi tersebut yaitu seperti gambar berikut:

dengan keterangan sebagai berikut:

  1. Jika menginvestasikan uang ke perusahaan berarti yang bertambah adalah modal dan kas perusahaan tersebut maka transaksinya yaitu kas bertambah di debit dan modal bertambah di kredit.
  2. Jika perusahaan membeli gedung secara tunai maka gedung bertambah diletakkan di debit dan kas berkurang diletakkan dikredit.
  3. Suatu perusahaan memperoleh pendapatan jasa akan tetapi belum dibayar semua maka transaksinya yaitu dijadikan piutang. Maka kas bertambah di debit, piutang bertambah di debit dan pendapatan jasa bertambah diletakkan di kredit.
  4. Beban iklan bertambah didebit dan karna iklan dibayar secara tunai makan kas perusahaan berkurang sehingga diletakkan dikredit
  5. Perusahaan melakukan pembayaran gaji kepada karyawan otomatis kas karyawan berkurang. Beban gaji di debit dan kas dikredit.
  6. Karena pemilik mengambil uangnya dari perusahaan atas keperluan pribadi maka dapat disebut sebagai prive dan jika uang itu diambil maka kas perusahaan akan berkurang. Prive bertambah di debit dan kas berkurang di letakkan di kredit.

Pembahasan

Kas adalah suatu bagian dari aktiva lancar yang dimana masa manfaatnya kurang dari satu tahun aktiva yang mempunyai sifat yang sangat likuid karena sering mengalami mutasi. Kas juga memiliki karakteristik tertentu yang dapat dibedakan dengan aset lain di dalam suatu perusahaan.

Modal  adalah  hak  kepemilikan  atas  sebuah harta perusahaan  yang  merupakan  bagian dari kekayaan  bersih,  yaitu antara  selisih harta dengan utang.

Kewajiban  atau  utang  adalah suatu keharusan dalam membayar kepada  pihak  lain  yang  disebabkan  adanya suatu transaksi pembelian barang atau jasa secara kredit.

Gedung merupakan bagian dari aktiva tetap dimana masa manfaatnya lebih dari satu tahun yang digunakan dalam kegiatan operasi perusahaan. Gedung ini berupa bangunan pabrik, kantor perusahaan, gudang maupun sebuah toko.

Pendapatan jasa adalah hasil dari kegiatan penjualan jasa kepada pelanggan di sebuah perusahaan dalam periode tertentu

Beban iklan adalah biaya atau uang yang dikeluarkan perusahaan untuk membayar iklan atas produk yang telah dipromosikan agar perusahaan memperoleh sejumlah pendapatan

Beban gaji adalah biaya atau uang yang dikeluarkan untuk membayar gaji para karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

Prive adalah pengambilan uang atau dana oleh pemilik perusahaan itu sendiri untuk keperluan pribadinya yang akan mengurangi modal dari perusahaan itu sendiri.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian dan manfaat akuntansi yomemimo.com/tugas/31840179
  2. Materi tentang persamaan dasar akuntansi yomemimo.com/tugas/17885304
  3. Materi tentang contoh jurnal akuntansi yomemimo.com/tugas/4843533

Detail jawaban  

Kelas: 12

Mapel: Ekonomi

Bab: Bab 2 - Konsep Persamaan Dasar Akuntansi

Kode: 12.12.2

#AyoBelajar

Jurnal untuk transaksi tersebut yaitu seperti gambar berikut:dengan keterangan sebagai berikut:Jika menginvestasikan uang ke perusahaan berarti yang bertambah adalah modal dan kas perusahaan tersebut maka transaksinya yaitu kas bertambah di debit dan modal bertambah di kredit.Jika perusahaan membeli gedung secara tunai maka gedung bertambah diletakkan di debit dan kas berkurang diletakkan dikredit.Suatu perusahaan memperoleh pendapatan jasa akan tetapi belum dibayar semua maka transaksinya yaitu dijadikan piutang. Maka kas bertambah di debit, piutang bertambah di debit dan pendapatan jasa bertambah diletakkan di kredit.Beban iklan bertambah didebit dan karna iklan dibayar secara tunai makan kas perusahaan berkurang sehingga diletakkan dikreditPerusahaan melakukan pembayaran gaji kepada karyawan otomatis kas karyawan berkurang. Beban gaji di debit dan kas dikredit.Karena pemilik mengambil uangnya dari perusahaan atas keperluan pribadi maka dapat disebut sebagai prive dan jika uang itu diambil maka kas perusahaan akan berkurang. Prive bertambah di debit dan kas berkurang di letakkan di kredit.Pembahasan Kas adalah suatu bagian dari aktiva lancar yang dimana masa manfaatnya kurang dari satu tahun aktiva yang mempunyai sifat yang sangat likuid karena sering mengalami mutasi. Kas juga memiliki karakteristik tertentu yang dapat dibedakan dengan aset lain di dalam suatu perusahaan.Modal  adalah  hak  kepemilikan  atas  sebuah harta perusahaan  yang  merupakan  bagian dari kekayaan  bersih,  yaitu antara  selisih harta dengan utang. Kewajiban  atau  utang  adalah suatu keharusan dalam membayar kepada  pihak  lain  yang  disebabkan  adanya suatu transaksi pembelian barang atau jasa secara kredit.Gedung merupakan bagian dari aktiva tetap dimana masa manfaatnya lebih dari satu tahun yang digunakan dalam kegiatan operasi perusahaan. Gedung ini berupa bangunan pabrik, kantor perusahaan, gudang maupun sebuah toko.Pendapatan jasa adalah hasil dari kegiatan penjualan jasa kepada pelanggan di sebuah perusahaan dalam periode tertentuBeban iklan adalah biaya atau uang yang dikeluarkan perusahaan untuk membayar iklan atas produk yang telah dipromosikan agar perusahaan memperoleh sejumlah pendapatanBeban gaji adalah biaya atau uang yang dikeluarkan untuk membayar gaji para karyawan yang ada di perusahaan tersebut.Prive adalah pengambilan uang atau dana oleh pemilik perusahaan itu sendiri untuk keperluan pribadinya yang akan mengurangi modal dari perusahaan itu sendiri.Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian dan manfaat akuntansi https://brainly.co.id/tugas/31840179Materi tentang persamaan dasar akuntansi https://brainly.co.id/tugas/17885304Materi tentang contoh jurnal akuntansi https://brainly.co.id/tugas/4843533Detail jawaban  Kelas: 12Mapel: EkonomiBab: Bab 2 - Konsep Persamaan Dasar AkuntansiKode: 12.12.2#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 31 Jan 22