permasalahan ekonomi dan kaitannya dengan sistem ekonomi​

Berikut ini adalah pertanyaan dari nindap731 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Permasalahan ekonomi dan kaitannya dengan sistem ekonomi​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Masalah ekonomi yang ada sekarang ini sangatlah beragam, seperti kondisi perekonomian boom and bust, stagnasi ekonomi, monopoli, dan inefisiensi dan inefektivitas alokasi sumber daya dan modal dalam perekonomian. Adapun kaitan masalah ekonomi tersebut dengan sistem ekonomi dijelaskan sebagai berikut.

Penjelasan:

Pertama, kondisi perekonomian boom and bust adalah kondisi dimana perekonomian mengalami siklus naik turun. Ada fase dimana perekonomian mengalami kemajuan dan ledakan (boom) yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi dan perluasan lapangan kerja. Adapun fase dimana perekonomian mengalami kemacetan (bust) yang titandai dengan resesi ekonomi dan pemutusan hubungan kerja. Kondisi boom and bust berkaitan erat dengan sistem ekonomi liberal, dimana kegiatan ekonomi dilakukan sepenuhnya oleh pihak swasta. Akibatnya, mekanisme pasar berjalan secara alami dan menimbulkan kondisi naik turunnya perekonomian.

Kedua, stagnasi ekonomi. Stagnasi ekonomi adalah kondisi dimana perekonomian sulit untuk mengalami kemajuan. Kondisi ini marak terjadi pada sistem ekonomi komando dikarenakan kegiatan perekonomian dikendalikan oleh pemerintah. Pengendalian pemerintah menyebabkan matinya inovasi dan kreativitas swasta dalam kegiatan produksi sehingga menghambat laju pertumbuhan ekonomi dan perkembangan IPTEK.

Ketiga, monopoli pasar. Monopoli pasar adalah kondisi dikuasainya pasar baik oleh pemerintah maupun swasta. Monopoli berdampak negatif kepada  mayoritas penduduk karena adanya ketimpangan pendapatan yang sangat tinggi. Monopoli cenderung terjadi pada sistem perekonomian liberal karena adanya kebebasan berusaha dan minimnya regulasi korporasi. Sistem ekonomi komando merupakan bentuk monopoli itu sendiri, namun dengan tujuan utama memenuhi kebutuhan konsumen, bukan mencari laba.

Keempat, inefisiensi dan inefektivitas alokasi sumber daya dan modal. Setiap negara pastinya memiliki sumber daya dan modal, baik lokal maupun pinjaman. Biasanya pada sistem ekonomi komando, pemerintah bertugas dalam mengalokasikan sumber daya dan modal tersebut untuk memengaruhi perekonomian. Alokasi yang ada seringkali tidak efisien dan tidak efektif yang dikarenakan adanya biaya administrasi yang besar, korupsi, policy lag, dan alokasi yang salah sasaran dan tidak relevan.

Masalah ekonomi yang ada menunjukan kekurangan dari setiap sistem ekonomi. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk membuang keburukan dan mengambil kebaikan dari kedua sistem ekonomi tersebut dengan pengambilan jalan tengah.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dvhsptr dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 26 Feb 22