Jelaskan mengapa perusahaan yang bergerak dalam struktur pasar persaingan sempurna

Berikut ini adalah pertanyaan dari nelsonpallyjr pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan mengapa perusahaan yang bergerak dalam struktur pasar persaingan sempurna menyiapkan prodak namu tidak dapat menentukan harga ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pada pasar persaingan sempurna terdapat banyak penjual dan pembeli, barang yang dijual pun sejenis (homogen). Oleh karena itu pasar persaingan sempurna merupakan pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan.

Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen. Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar karena sudah ada ikatan batin bahwa antara penjual dan pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada di dalam pasar persaingan sempurna.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Fajarmdhn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 05 Aug 21