Ada berapa pendekatan yang digunakan dalam pemilihan lokasi usaha secara

Berikut ini adalah pertanyaan dari hardiantoadhimaulana pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Ada berapa pendekatan yang digunakan dalam pemilihan lokasi usaha secara konsep? ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

PENGANTAR TATA LETAK DAN PEMILIHAN LOKASI PABRIK 1. PENGANTAR • Fasilitas produksi adalah sesuatu yang dibangun, diadakan atau di investasikan guna melaksanakan aktivitas produksi. • Lokasi pabrik dimaksudkan sebagai lokasi dimana fasilitas produksi tersebut diletakan. Lokasi pabrik (plant location) harus dibedakan dengan tata letak pabrik (plant layout), yang mana istilah terakhir ini akan lebih menunjukkan kondisi pengaturan fasilitas-fasilitas produksi tersebut dalam sebuah pabrik agar proses produksi bisa berlangsung secara lancar terutama sekali dengan meninjaunya dari aspek-aspek aliran material dari satu proses menuju proses berikutnya. • Penetapan lokasi pabrik merupakan phase yang sangat penting dalam proses perancangan pabrik (plant design) dengan alasan-alasan sebagai berikut:a. Fasilitas produksi membutuhkan sejumlah besar modal / kapital harus diinvestasikan dalam jangka panjang serta kondisi yang penuh dengan resiko b. Fasilitas produksi memberi batasan dan kerangka keija dari sistem produksi c. Pada saat beroperasi yang sangat sulit dan mahal bilamana lokasi pabrik harus dirubah atau dipindahkan bilamana lokasi yang ditetapkan dianggap tidak cocok/layak d. Lokasi pabrik akan memiliki unsur strategis guna memp erkuat posisi untuk bersaing terutama didalam rangka penguasaan wilayah pemasaran. .Demikian juga perluasan (ekspansi) pabrik merupakan salah satu hal yang paling sering membawa manajemen kearah problema penentuan alternatif lokasi pabrik. Suatu industri pada hakekatnya akan memperluas sistem usahanya, bilamana :a. Fasilitas-fasilitas produksi yang ada sudah dirasakan jauh ketinggalan b. Kebutuhan pasar (market demand) tumbuh dan berkembang melampaui kapasitas produksi terpasangnya c. Pe!ayanan (service) yang tidak mencukupi dan memuaskan konsumsinya.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh angelakitara18 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 01 Feb 22