Salah satu pihak yang terlibat dalam transaksi asuransi adalah penanggung

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Salah satu pihak yang terlibat dalam transaksi asuransi adalah penanggung (insurer)Coba Anda identifikasi dan jelaskan hak-hak dari penanggung

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Hak-hak penanggung (insurer) dalam transaksi asuransi menurut Prof. Dr. H. Man Suparman Sastrawidjaja, S.H., S.U. hak penanggung antara lain:

a. Menuntut pembayaran premi kepada tertanggung sesuai dengan perjanjian.

b. Meminta keterangan yang benar dan lengkap kepada tertanggung yang berkaitan dengan obyek yang diasuransikan kepadanya.

c. Memiliki premi dan bahkan menuntutnya dalam hal peristiwa yang diperjanjikan terjadi tetapi disebabkan oleh kesalahan tertanggung sendiri. (Pasal 276 KUHD)

d. Memiliki premi yang sudah diterima dalam hal asuransi batal atau gugur yang disebabkan oleh perbuatan curang dari tertanggung. (Pasal 282 KUHD)

e. Melakukan asuransi kembali kepada penanggung yang lain, dengan maksud untuk membagi risiko yang dihadapinya. (Pasal 271 KUHD).

Jadi, hak-hak penanggung yaitu menerima premi, mendapatkan keterangan dari tertanggung berdasar prinsip itikad terbaik (Pasal 251 KUHD), hak-hak lain sebagai imbalan dari kewajiban tertanggung.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh unknown dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 18 Aug 21