Gerakan benteng adalah sistem perekonomian yang dicanangkan oleh menteri perdagangan

Berikut ini adalah pertanyaan dari Vieri744 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Gerakan benteng adalah sistem perekonomian yang dicanangkan oleh menteri perdagangan sumitro djojohadikusumo. pembangunan ekonomi baru berdasarkan gagasan gerakan benteng dilakukan dengan cara

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Dilakukan dengan cara meningkatkan dan menonjolkan pengusaha-pengusaha Indonesia untuk menjadi penggerak ekonomi nasional. Karena pada masa itu kondisi perekonomian masih tidak stabil, maka melalui gerakan banteng, ratusan pengusaha lokal ini mendapat bantuan modal dari pemerintah saat itu.

Penjelasan:

Pemerintah berharap, para pengusaha tersebut dapat memanfaatkan modal dengan sebaik-baiknya agar mampu meningkatkan kualitas bidang usaha yang digelutinnya.

Sayangnya, upaya tersebut gagal. Para pengusaha banyak yang gagal meningkatkan kualitas usahanya menjadi pilar perekonomian nasional saat itu, karena tidak mampu bersaing dengan pengusaha non lokal dalam kerangka sistem ekonomi liberal. Selain itu, sikap konsumtif dari pengusaha lokal juga mempengaruhi kegagalan mereka dalam mengelola keuangan mereka. Akibatnya, gerakan Benteng gagal dan tidak berlanjut lagi di era sesudahnya.

Materi pembahasan tentang Gerakan Benteng dapat disimak pada link berikut: yomemimo.com/tugas/18582621

#BelajarBersamaBrainly  

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ArdhaIchsan dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 13 Jan 22