kelemahan sistem ekonomi pasar antara lain...A.persaingan secara bebasB.sering terjadi monopoliC.

Berikut ini adalah pertanyaan dari meisari89 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kelemahan sistem ekonomi pasar antara lain...A.persaingan secara bebas
B.sering terjadi monopoli
C. kreativitas masyarakat rendah
D.Perkembangan tidak didukung oleh peran rakyat
E.Jarang terjadi gejolak ekonomi​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

PENDAHULUAN

Sistem ekonomi pasar atau liberal adalah sistem perekonomian yang bertujuan untuk menghasilkan laba atau keuntungan sebanyak-banyaknya. Oleh karena itu, modal memiliki peran penting dalam perekonomian ini. Semakin banyak modal yang dimiliki, semakin banyak keuntungan yang didapat.

Pada sistem ekonomi pasar atau liberal, perekonomian di suatu negara dikuasai oleh pihak swasta, tanpa campur tangan pemerintah.

Dengan demikian, dampak positif dari perekonomian ini adalah kreativitas masyarakat yang tinggi karena tidak dibatasi oleh peraturan dan regulasi pemerintah sehingga masyarakat bebas untuk melakukan tindakan ekonomi demi memperoleh laba atau keuntungan sebanyak-banyaknya.

Kendati demikian, sistem ekonomi pasar atau liberal mempunyai beberapa kelemahan diantaranya:

  • Kesenjangan sosial dan ekonomi tinggi. Hal ini disebabkan karena kepemilikan modal yang tidak merata sehingga akan ada orang yang sangat kaya dan ada pula orang yang sangat miskin.

  • Perekonomian tidak stabil. Hal ini disebabkan karena tidak adanya regulasi dan peraturan dari pemerintah.

  • Persaingan secara bebas. Dikarenakan kreativitas masyarakat (pelaku usaha) yang tinggi maka tidak ada batasan mengenai cara atau strategi untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya sehingga dalam bersaing satu sama lain, para pelaku usaha kerap menghalalkan segala cara demi meraup keuntungan.

PEMBAHASAN

Kelemahan sistem ekonomi pasar antara lain Opsi A. Persaingan secara bebas.

Semoga Bermanfaat

Terima Kasih ^^

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh WallStreet dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 26 Aug 21