Menurut anda apa perbedaan ilmu ekonomi dan ilmu ekonomi pertanian

Berikut ini adalah pertanyaan dari rendysutoro7 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Menurut anda apa perbedaan ilmu ekonomi dan ilmu ekonomi pertanian ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Ilmu ekonomi (Economics). Ekonomi secara umum adalah ilmu sosial yang menganalisa produksi, distribusi, serta konsumsi barang dan jasa. Ia fokus pada bagaimana economic agents berperilaku dan berinteraksi dan bagaimana ekonomi bekerja. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan sumberdaya terbatas. Adam Smith (1776) sebagai yang pertama mengembangkan ilmu ekonomi, kesadaran bahwa pasar tidak selalu mampu menciptakan keseimbangan, dan karena itu intervensi pemerintah harus dilakukan agar distribusi sumber daya mencapai sasarannya.

Sedangkan Ilmu Ekonomi Pertanian (Agricultural Economics). prinsip-prinsip ekonomi pada produksi pertanian, fokus pada bagaimana memaksimalkan hasil produksi pertanian. Dikenal juga sebagai ”Agronomics” sebagai cabang ekonomi yang berkaitan dengan penggunaan lahan. Basisnya adalah pada sistem produksi dan perdagangan pertanian, dan dibedakan pula atas ekonomi mikro dan makro. Bidangnya mencakup small business management, marketing and finance, financial planning, dan lain lain.

Penjelasan:

Semoga membantu, jika ada kesalahan mohon untuk dikoreksi.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ianky dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 04 Jan 22