Coba Anda sebutkan 5 permasalahan ekonomi modern yang Anda jumpai

Berikut ini adalah pertanyaan dari sakbana20 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Coba Anda sebutkan 5 permasalahan ekonomi modern yang Anda jumpai dalam dunia bisnis dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Pengangguran dan Kemiskinan Menjadi Permasalahan Ekonomi Tertinggi

Permasalahan ekonomi pertama yang terjadi di beberapa negara khususnya Indonesia adalah kemiskinan dan pengangguran yang cukup tinggi yang dapat mempengaruhi peningkatan hasil suatu bisnis. Dengan demikian penyebab kemiskinan dan pengangguran akan menjadi suatu kendala bagi kualitas produk yang tidak dapat terbeli oleh masyarakat sangat rendah.

Sehingga dampak bagi pebisnis dalam meraih penghasilan untuk suatu usaha, supaya dapat memutar keuntungannya dan memproduksi barang jadi terhambat. Akibatnya perusahaan yang berkembang akan menjadi bangkrut dan menyebabkan suatu negara menjadi krisis moneter.

Cara mengatasi masalah ekonomi yaitu dengan memberikan kemudahan kredit usaha kecil, bantuan langsung secara tunai, modal kerja dan sebagainya.

2. Daya Beli Rendah Pada Inflasi

Kenaikan harga pada suatu inflasi dalam daya beli suatu produk menjadi tidak berkembang, hal ini justru membuat daya beli masyarakat menurun lebih tajam. Sehingga dampak biaya produksi bagi pebisnis juga semakin besar, karena jumlah produksi yang semakin menumpuk membuat pebisnis mengalami kerugian.

Cara mengatasi masalah ekonomi yaitu pada saat terjadinya inflasi, agar sistem ekonomi yang semakin berkembang membuat harga naik dan perputaran uang akan semakin besar.

3. Kualitas Pada Pertumbuhan Ekonomi Tidak Stabil

Permasalahan ekonomi makro yang sering terjadi dan berdampak pada suatu negara khususnya negara Indonesia, sangat sulit untuk mempertahankan kualitas pertumbuhan ekonomi. Penyebabnya karena tingkat kemiskinan terbilang tinggi, pengangguran masih di atas rata-rata bahkan ketimpangan sosial yang sangat jauh dari yang diharapkan dan masalah lainnya.

Maka dari itu hal tersebut membuat permasalahan ekonomi adalah salah satu penyebab kualitas pertumbuhan ekonomi suatu negara menurun karena terjadi atas daya beli yang menurun serta kualitas produk.

4. Kelemahan Daya Saing Pada Pembeli

Melaksanakan ekonomi dalam bisnis sering kali terjadi pada setiap pemilik usaha, perusahaan yang tidak mampu bersaing dengan perusahaan lainnya akan meraih kekalahan dalam persaingan bisnis. Oleh karena itu daya tarik pembeli mengakibatkan suatu produk dalam sebuah bisnis menjadi menurun.

Hal ini juga berdampak pada pesaing perusahaan yang berada diluar negeri, dengan adanya kesamaan produk dalam negeri akan membuat pembeli akan membandingkan keunggulan suatu produk.

5. Permasalahan Ekonomi Ekspor dan Impor

Permasalahan ekonomi suatu bisnis pada bidang impor diperusahaan industri dapat dikatakan sebagai sistem ekonomi tradisional. Dapat mempengaruhi suatu usaha dibidang sektor perternakan dan pertanian di Indonesia.

Suatu import yang terbilang sangat tinggi adalah mengimpor kebutuhan bahan baku masyarakat, akibatnya pertumbuhan ekonomi menurun dan import lebih meningkat. Sayangnya ketersediaan produk dalam negeri memenuhi kebutuhan masyarakat tidak tercukupi, sehingga masyarakat lebih memilih untuk mengimpor kebutuhannya.

Bahkan keterbatasan ekspor pada suatu negara khususnya Indonesia tidak dapat menjangkau pertumbuhan ekonomi, sehingga produk dalam negri tidak sesuai standar kualitas bahan baku.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rutcahaya dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 19 Jan 22