jelaskan bagaimana cara meningkatkan produktivitas pelayanan dilihat dari sisi kuantitas

Berikut ini adalah pertanyaan dari sumodimedjo pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

jelaskan bagaimana cara meningkatkan produktivitas pelayanan dilihat dari sisi kuantitas dan kualitas. liat bagan vuorinem​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berdasarkan bagan vuorinem, berikut adalah carameningkatkanproduktivitas pelayanandilihat darisisi kuantitasdankualitas:

  • Kuantitas: peningkatan produktivitas pada input bisa dilakukan dengan meningkatkan jam kerja dari para penyedia layanan dan peningkatan produktivitas pada outputnya bisa dengan meningkatkan jumlah interaksi penyedia layanan dengan para konsumen.
  • Kualitas: peningkatan produktivitas bisa dilakukan dengan menciptakan layanan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari konsumen sehingga penilaian konsumen terhadap layanan yang diberikan bisa lebih baik.

Pembahasan

Jasa adalah salah satu bentuk dari kegiatan produksi yang hasil produksinya berupa suatu layanan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam jasa, interaksi antara konsumen dan penyedia layanan menjadi sangat esensial karena pemberian layanan ini tidak bisa diwakilkan. Selain itu, dalam operasi jasa ini, manajemen rantai pasok harus dilakukan secara sempurna karena dalam operasi jasa ini memiliki resiko yang sangat tinggi untuk terjadi loss sales, berbeda dengan barang. Maka dari itu, salah satu ruang lingkup yang digunakan dalam jasa adalah manajemen operasi jasa.

Manajemen operasi pada dasarnya adalah kegiatan mengelola suatu produk sehingga bisa diterima dengan baik oleh konsumen. Dalam manajemen operasi jasa, kegiatannya dilakukan dengan menciptakan desain, pengendalian, dan juga penyampaian layanan kepada konsumen sehingga bisa menciptakan kepuasan bagi pelanggan. Salah satu ukuran yang bisa digunakan untuk menilai kinerja dari penyedia layanan adalah produktivitas yang merupakan perbandingan antara hasil produksi dan bahan baku produksi. Dalam operasi jasa, bahan baku produksi ini berupa jam kerja dan hasil produksinya adalah interaksi dengan konsumen.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang manajemen produksi dan manajemen operasi yomemimo.com/tugas/27081301
  2. Materi tentang cara meningkatkan produktivitas yomemimo.com/tugas/21329506
  3. Materi tentang manajemen sumber daya manusia yomemimo.com/tugas/24703049

Detail jawaban

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: 6 - Konsep Manajemen

Kode: 10.12.6

#AyoBelajar #SPJ2 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 31 Jul 21