 Anda diminta untuk menjelaskan TAHAPAN DALAM PROSES BISNIS dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari nurhaedi1988 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

 Anda diminta untuk menjelaskan TAHAPAN DALAM PROSES BISNIS dan menganalisis keberhasilan bisnis “Kopi Kapal Api” menggunakan Tahapan-tahapan tersebut?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Ada 4 tahap dalam analisis dan desain proses bisnis :

a) Design (Perancangan) meliputi identifikasi Bisnis Proses dan Pemodelan Bisnis

Analisis meliputi validasi, simulasi dan verfikasi, Dalam tahap ini dilakukan survei terhadap bisnis proses dan lingkungan organisasi serta lingkungan teknis. Berdasarkan hasil survei, bisnis proses diidentifikasi, ditelaah, divalidasi dan digambarkan dengan bisnis proses model.

b) Konfigurasi meliputi seleksi sistem, implementasi, tes dan deployment.

Adapun yang perlu diperhatikan dalam tahap ini adalah sbb :

• Sebelum digunakan sistem (terutama dl hal aplikasinya) perlu dites apakah sudah berjalan  sesuai yang direncanakan atau belum.

• Pelatihan personel dan migrasi aplikasi jika diperlukan

c) Pelaksanaan meliputi operasional, monitoring, maintenance.

Dalam tahap inilah ujian sebenarny dari sistem benar-benar diuji dalam aktivitas sehari-hari oleh perusahaan. Apakah sistem beserta aplikasi yang dibangun telah benar-benar dapat menjalankan bisnis proses dengan baik untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam tahap ini dihasilkan log informasi dari proses yang telah dijalankan sebagai dasar evaluasi di tahap berikutnya.

d) Evaluasi meliputi penggalian proses dan monitoring aktivitas bisnis.

Log informasi yang dihasilkan dievaluasi menggunakan teknik monitoring akitivitas bisnis dan penggalian proses. Teknik ini bertujuan untuk mengidentifikasi model proses bisnis dan kecukupan dari lingkungan operasional.

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh saofa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 23 Jul 21