Bagaimana perdagangan internasional yang menguntungkan dapat terjadi karena adanya produksi

Berikut ini adalah pertanyaan dari maulidariska369 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bagaimana perdagangan internasional yang menguntungkan dapat terjadi karena adanya produksi dengan skala ekonomi yang meningkat

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:Skala Ekonomi

Skala Ekonomi Dan Contoh Kasus

Ilmu ekonomi industri memperlajari tentang jangka waktu dan skala ekonomi yang terkait dengan produksi. Dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang skala ekonomi yang terkait dengan produksi di dalam suatu industri.

Skala Ekonomi merupakan fenomena turunnya biaya produksi per unit dari suatu perusahaan yang terjadi bersamaan dengan meningkatnya jumlah produksi (output).Skala ekonomi terjadi ketika biaya total rata-rata jangka panjang menurun seiring dengan meningkatnya output. Ketika produksi yang semakin tinggi akan menyebabkan suatu perusahaan menambah kapasitas produksi, dan pertambahan kapasitas ini menyebabkan kegiatan produksi bertambah efisien.

Berikut ini adalah faktor-faktor penting yang dapat menimbulkan skala ekonomi, antara lain yaitu :

Spesialisai biaya produksi atau biaya-biaya tetap dalam proses produksi seperti biaya pembelian gedung, mesin atau infrastruktur produksi.

Pengurangan harga barang mentah dan kebutuhan produksi lain

Memungkinkan produk sampingan (by products) di produksi

Mendorong perkembangan usaha lain

Skala ekonomis merupakan konsep penting untuk menjelaskan fenomena di dunia nyata seperti pola-pola perdagangan internasional, jumlah perusahaan di pasar, dan bagaimana perusahaan yang terlalu besar bisa gagal. Bentuk dari kurva biaya total rata-rata jangka panjang menyampaikan informasi penting tentang teknologi untuk memproduksi suatu barang.Pemanfaatan skala ekonomi juga membantu untuk menjelaskan mengapa perusahaan bisa tumbuh besar di beberapa industri. Skala ekonomi juga berperan dalam monopoli alamiah untuk membuat kebijakan perdagangan bebas yang diperlukan pasar yang lebih besar dalam suatu negara tertentu.

Skala ekonomi muncul karena tingkat produksi yang tinggi memberikan kesempatan kepada setiap pekerja melakukan spesialisasi, yang mengakibatkan setiap pekerja menjadi lebih mahir melakukan tugas yang diberikan kepada mereka. Skala disekonomi terjadi karena masalah koordinasi yang sering kali terjadi pada perusahaan besar. Analisis ini menunjukkan mengapa kurva biaya total rata-rata jangka panjang seringkali berbentuk U. Pada tingkat produksi yang rendah, perusahaan memperoleh keuntungan dengan bertambah besarnya perusahaan karena perusahaan dapat diuntungkan oleh spesialisasi pekerjanya yang semakin besar. Sementara itu masalah koordinasi belum terjadi. Sebaliknya, pada tingkat produksi yang tinggi, manfaat-manfaat dari spesialisasi semakin nyata, namun masalah koordinasi menjadi semakin parah seiring pertumbuhan perusahaan. Maka, biaya total rata-rata jangka panjang menurun pada tingkat produksi yang rendah karena meningkatnya spesialisasi, dan naik pada tingkat produksi yang tinggi karena meningkatnya masalah koordinasi. Skala yang dihadapi oleh perusahaan adalah murni teknologi dikenakan dan tidak dipengaruhi oleh keputusan ekonomi atau oleh kondisi pasar

Ada berbagai jenis skala ekonomi yang bergantung pada karakteristik tertentu dari suatu industri, antara lain yaitu :

Skala Ekonomi Meningkat (Increasing returns to scale economies)èKetika terjadi peningkatan dalam skala produksi perusahaan dan menyebabkan biaya rata-rata yang lebih rendah.

Skala Ekonomi Konstan (Constant returns to scale economies) è Ketika biaya rata-rata dan skala produksi tidak berubah/tetap.

Skala Ekonomi Menurun (Decreasing returns to scale) è Ketika peningkatan skala produksi perusahaan mengakibatkan biaya rata-rata yang lebih tinggi.

Skala Ekonomi Meningkat (IRS)

Peningkatan presentase fungsi produksi tertentu mengakibatkan presentase peningkatan yang lebih besar dalam produksi output. Misalnya ketika sebuah perusahaan menggandakan input maka perusahaan akan mendapatkan output yang lebih besar. Ketika perusahaan menetapkan harga input tidak berubah bersama tingkat output maka akan menyebabkan output meningkat dan biaya rata-rata produksi turun. Di sini skala ekonomi berhubungan langsung dengan pen

Maaf Kalau Salah

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dendrastanislaus dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 09 Aug 21