Jelaskan komunikasi lintas budaya dalam konteks pariwisata!

Berikut ini adalah pertanyaan dari riskyfsh pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan komunikasi lintas budaya dalam konteks pariwisata!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pemahaman lintas budaya memberikan manfaat yang cukup besar dalam kepariwisataan.

1. Bagi Wisatawan

Dalam suatu kegiatan wisata, dipastikan wisatawan melakukan interaksi sosial budaya dengan masyarakat setempat. Wisatawan dapat mengalami kesulitan saat berinteraksi dengan masyarakat setempat yang bisa menyebabkan gegar budaya. Dengan pemahaman lintas budaya, wisatawan akan lebih mudah memahami karakter umum masyarakat setempat. Nilai-nilai budaya yang melatarbelakangi suatu masyarakat akan mencerminkan karakter masyarakat tersebut.

Oleh karena itu, wisatawan akan menghormati nilai-nilai budaya masyarakat setempat yang tercermin melalui berbagai aspek budaya. Wisatawan yang terlibat langsung dalam suatu aktivitas masyarakat setempat akan cenderung berhati-hati dalam bersikap dan bertingkahlaku terhadap masyarakat tersebut. Apabila wisatawan telah memiliki pengetahuan lintas budaya, maka persiapan sebelum menuju ke destinasi akan lebih terencana dan matang. Selain itu, kemudahan dan keleluasaan dalam kegiatan wisata terutama yang melibatkan diri dengan masyarakat setempat akan terwujud.

2. Bagi Masyarakat Setempat

Pariwisata hendaknya dibudayakan atau dijadikan ajang untuk saling bertukar pengetahuan dengan memanfaatkan interaksi atau pertemuan yang terjadi antara wisatawan dan masyarakat setempat atau antara wisatawan dengan unsur-unsur budaya yang dimiliki masyarakat setempat. Kesiapan yang diharapkan dari suatu destinasi bukan hanya kesiapan fisik prasarana dan sarananya tetapi juga kesiapan masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik.

Dalam konteks pariwisata, budaya dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk melakukan kunjungan dan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam proses pemberian pelayanan. Pemahaman budaya yang baik akan meningkatkan pemahaman seseorang terhadap orang lain dan membantu dalam mengembangkan kebanggaan terhadap warisan budaya yang ada.

Dalam hal ini masyarakat lokal tidak hanya belajar bagaimana bersikap dalam situasi tertentu tetapi juga mampu menjelaskan mengapa melakukan ini itu, nilai-nilai dasar, kepercayaan, dan anggapan yang mendasar pada sikap masyarakat tersebut. Semakin banyak interaksi, maka pengetahuan semakin berkembang, dan pengalaman terhadap permasalahan budaya akan berkurang.

3. Bagi Pramuwisata

Banyak hal yang dapat digali dari pemahaman lintas budaya karena perbedaan budaya tidak terbatas hanya pada makanan, bahasa dan tari-tarian tetapi juga berkaitan dengan interaksi antar manusia termasuk perilaku non-verbal, kepercayaan, orientasi waktu, sikap, kebiasaan, tradisi, cara berpakaian gerakan tubuh dan hal lainnya. Manfaat lain juga dirasakan ketika memberikan pelayanan kepada wisatawan, cara bersikap, cara menanggapi permintaan, cara memenuhi pengharapan atau ekspektasi, cara menghargai pelayanan terutama berkaitan dengan tingkatan pelayanan serta terciptanya atmosfir yang ramah. Pengaruh perbedaan dalam budaya adalah penting dipahami terutama di dalam industri pariwisata, industri yang sarat dengan suasana antar budaya dan lintas budaya. Jika perbedaan ini jika tidak pahami secara mendalam akan menimbulkan gegar budaya atau kaget budaya.

Penjelasan:

maaf kalo salah:)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Ambar552 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 20 Aug 21