berdasarkan komponen berdasarkan pendapatan nasional tersebut diatas pendapatan nasional yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari situulfa9 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

berdasarkan komponen berdasarkan pendapatan nasional tersebut diatas pendapatan nasional yang di hitung dengan pendekatan pendapatan terdapat pada nomor​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Terdapat 3 (tiga) metode perhitungan yang bisa digunakan untuk mengetahui jumlah atau nilai dari pendapatan nasional, yaitu metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi, pendekatan pengeluaran, dan pendekatan pemasukan.

Penjelasan:

Kegiatan produksi adalah kegiatan yang menciptakan nilai tambah (value added). Jadi pada perhitungan pendekatan produksi, hanya mencakup perhitungan niai tambah pada setiap sektor (lahan) produksi. Dengan pendekatan ini, pendapatan nasional dihitung dengan cara menjumlahkan nilai tambah (value added) dari seluruh sektor produksi selama satu periode tertentu (biasanya dalam satu tahun).

Nilai tambah yang dimaksud di sini adalah selisih antara nilai produksi (nilai output) dengan nilai biaya antara (nilai input), yang terdiri atas bahan yang terlibat dalam proses produksi termasuk bahan baku dan bahan penolong.

ISIC (International Standard Industrial Classification) mengklasifikasikan perekonomian Indonesia menjadi beberapa sektor atau lapangan usaha yang terbagi dalam tiga kelompok, diantaranya:

1. Sektor Primer

Pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan

Pertambangan dan penggalian

2. Sektor Sekunder

Industri pengolahan

Listrik, air, dan gas

3. Sektor Tersier

Perdagangan, hotel, dan restoran

Pengangkutan dan telekomunikasi

Jasa lain-lain

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh aisyabila1979 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 02 Mar 22