Jelaskan keunggulan dari perencanaan sumber daya perusahaan?

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan keunggulan dari perencanaan sumber daya perusahaan?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Keunggulan dari perencanaan sumber daya perusahaan adalah:

  1. Integrasi data keuangan
  2. Standarisasi Proses Operasional
  3. Standarisasi Data dan Informasi

Penjelasan:

Sumber Daya Usaha adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki perusahaan dalam menjalankan aktifitasnya. Dalam menjalankan kegiatanya, setiap perusahaan memerlukan sumber daya usaha agar dapt menghasilkan produk berupa barang dan jasa.

Perencanaan Sumber Daya Perusahaan, atau sering disebut ERP dari istilah bahasa Inggrisnya, Enterprise Resource Planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi suatu perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan untuk mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.

Sistem ERP secara modular biasanya menangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), ekspedisi, invoice, dan akuntansi perusahaan. Ini berarti bahwa sistem ini nantinya akan membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas, dan sumber daya manusia.

ERP sering disebut sebagai Back Office System yang mengindikasikan bahwa pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ini. Berbeda dengan Front Office System yang langsung berurusan dengan pelanggan seperti sistem untuk e-Commerce, Customer Relationship Management (CRM), e-Government dan lain-lain.

Keunggulan dari perencanaan sumber daya perusahaan adalah:

  1. Integrasi data keuangan: Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.
  2. Standarisasi Proses Operasional: Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk.
  3. Standarisasi Data dan Informasi: Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yang berbeda-beda.

Keuntungan yang bisa diukur dari penerapan ERP:

  • Penurunan inventori
  • Penurunan tenaga kerja secara total
  • Peningkatan service level
  • Peningkatan kontrol keuangan
  • Penurunan waktu yang di butuhkan untuk mendapatkan informasi

Pelajari lebih lanjut:

  1. Konsep Manajemen: yomemimo.com/tugas/3476284
  2. Badan usaha yang sesuai dengan sistem ekonomi nasional: yomemimo.com/tugas/21375389
  3. Sumber Daya Usaha: yomemimo.com/tugas/203863

----------------------------------------------------------        

Detail jawaban  

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: Bab 6 - Konsep Manajemen

Kode: 10.12.6

#TingkatkanPrestasimu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sailasyafifap5lytz dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 18 Jul 21