4 Untuk sekuritas yang telah selesai dijual di pasar primer,

Berikut ini adalah pertanyaan dari nakqzizfedo pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4 Untuk sekuritas yang telah selesai dijual di pasar primer, dapat melanjutkan menjualnya di pasarsekunder yakni di Bursa. Metode perdagangannya dapat menggunakan Over The Counter (OTC) dan
Stock Exchange, jelaskan perbedaan 2 metode di atas dan Bursa apa saja (dan asal negara) yang
menggunakan 2 metode di atas.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

OTC atau Over-the-counter adalah proses sekuritas (surat utang) yang diperdagangkan melalui jaringan broker-dealer namun berbeda dengan pertukaran terpusat. Secara umum, OTC dikenal dengan perdagangan surat-surat berharga serta saham melalui komputerisasi antar dealer, tanpa perantara dan tidak dicatatkan di bursa serta difasilitasi oleh dealer spesialis pasar OTC.

Sedangkan stock exchange adalah bursa efek, yaitu pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem serta sarana untuk mempertemukan penawar jual dan beli efek untuk memperdagangkan efek tersebut. Hal yang termasuk efek adalah surat-surat berharga seperti saham dan obligasi.

Penjelasan:

Negara-negara yang sudah menggunakan OTC dan sudah mengaturnya antara lain Amerika Serikat, Jepang, dan Indonesia. Sedangkan yang menggunakan atau memiliki bursa efek/stock exchange adalah hampir seluruh negara di dunia, misalnya Indonesia, Jepang, Filipina, Singapura, dan lain sebagainya.

Sekuritas atau efek adalah instrumen keuangan dengan nilai tertentu yang mencerminkan kepemilikan seseorang atau badan usaha terhadap suatu aset. Kepemilikan sekuritas atau efek wajib menghasilkan return bagi pemiliknya. Sekuritas juga dapat dengan mudah dipindahtangankan melalui transaksi jual beli. Namun, sekuritas hanya dapat diperjual belikan melalui perusahaan efek.

Materi pembahasan tentang sekuritas dapat juga disimak pada link berikut: yomemimo.com/tugas/35548318

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ArdhaIchsan dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 01 Aug 22