Dewasa ini kelangkaan minyak terjadi dimana-mana, bahkan harga minyak mentah

Berikut ini adalah pertanyaan dari elgafalintina7377 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Dewasa ini kelangkaan minyak terjadi dimana-mana, bahkan harga minyak mentah dunia mencapai $125 per barel (Rp7.500,00per liter). Oleh karena itu, pemerintah indonesia melakukan konservasi minyak
tanah ke gas dengan membagi kompor dan tabung gas kepada masyarakat. Dengan
kelangkaan minyak ini dampak ekonomi bagi pemerintah adalah ....
a. Pemerintah subsidi BBM
b. Meningkatkan ekspor minyak
c. Menurunkan penerimaan BBM
d. Menekan tambahan subsidi BBM
e. Menurunkan jumlah pembayaran pajak​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

A. Pemerintah Subsidi BBM

Penjelasan:

Saat terjadi kelangkaan suatu barang (dalam kasus ini Minyak). Pemerintah harus dengan sigap menerapkan suatu kebijakan untuk menangkalnya.

Beberapa kebijakan tersebut antara lain:

1. Subsidi

  Subsidi dilakukan oleh pemerintah agar masyarakat dapat mendapatkan bahan langka tersebut dengan harga yang terjangkau. Hal ini dilakukan dengan harapan agar tidak terjadinya kemacetan kegiatan perekonomian ataupun menghindari hal hal yang tidak diinginkan seperti monopoli.

2. Impor-Ekspor

   Saat barang mengalami kelangkaan, pemerintah tentu akan melakukan konservasi atau menyimpan barang tersebut agar suatu saat nanti negara tersebut tidak mengalami kekurangan bahan tersebut. Maka pemerintah biasanya akan menekan segala tindakan ekspor dan meningkatkan kegiatan impor barang tersebut agar tidak terjadi ketidakseimbangan harga didalam negeri.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh michaelwords0 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 30 Jun 21