2 Apakah audit SDM dapat menghindarkan perusahaan/organisasi dari dampak negatif

Berikut ini adalah pertanyaan dari agusfixxoxo pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Apakah audit SDM dapat menghindarkan perusahaan/organisasi dari dampak negatif keputusan dibidang SDM yang tidak tepat?
Secara konseptual, berikan tanggapan Saudara, dengan disertai contoh dan sumber referensinya.
3 Dalam melaksanakan audit SDM, bagaimana seharusnya auditor menjaga hubungannya dengan piha

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Terhadap dampak negatif keputusanyang ada padabidang sumber daya manusia (SDM), audit SDMbisamenghindari hal tersebut. Contoh dari penerapan audit SDM untuk mengurangi dampak negatif keputusan pada SDM adalah audit SDM yang bisa menemukan adanya kecurangan yang dilakukan oleh para pegawai di suatu toko.

2. Dengan pihak stakeholder yang menjadi tujuan audit, hubunganyang ada antaraauditordengan stakeholder tersebut harusobjektif dan juga independen karena tujuan dari audit adalah menyesuaikan data-data yang ada pada perusahaan dengan kenyataan yang ada di lapangan sehingga auditor harus bisa bersikap objektif terhadap siapapun yang menjadi tujuan auditnya.

Pembahasan

Audit adalah suatu pemeriksaan yang dilakukan oleh seorang auditor terhadap suatu perusahaan. Tujuan utama dari audit ini adalah untuk memastikan bahwa setiap data dan bukti yang ada pada perusahaan sudah sesuai dengan kenyataan yang terjadi di lapangan. Audit sendiri merupakan kegiatan pembukuan yang dilakukan untuk memastikan divisi yang ada pada perusahaan sudah menggunakan sistem pencatatan yang terdokumentasi sehingga bisa dicocokan. Salah satu fungsi utama dari kegiatan audit pada perusahaan adalah bisa mencegah terjadinya penipuan pada perusahaan atau fraud.

Salah satu aspek penting dalam audit adalah objektivitas. Seorang auditor harus bisa objektif sehingga hasil audit terhadap perusahaannya bisa dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, saat melakukan audit, seorang auditor harus bisa menjadi independen dan juga tegas terhadap siapapun yang menjadi pihak yang diaudit.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang macam-macam audit yomemimo.com/tugas/22573751
  2. Materi tentang audit manajemen yomemimo.com/tugas/18448760
  3. Materi tentang sifat pemeriksaan akuntan publik yomemimo.com/tugas/17461980

Detail jawaban

Kelas: 12

Mapel: Ekonomi

Bab: 1 - Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Kode: 12.12.1

#AyoBelajar #SPJ2 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 01 Aug 22