Pembangunan proyek proyek mercusuar pada masa orde lama telah menyedot

Berikut ini adalah pertanyaan dari Firlarahmnq6555 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pembangunan proyek proyek mercusuar pada masa orde lama telah menyedot biaya banyak sehingga negara beberapa kali mengalami defisit maka salah satu langkah kebijakan ekonomi yang ditempuh oleh pemerintah orde lama untuk mengatasi kondisi tersebut adalah

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Meskipun kondisi ekonomi memburuk pada masa Orde Lama, namun presiden Soekarno tetap melanjutkan proyek Mercusuar berupa pembangunan bangunan-bangunan megah dan berskala besar, salah satunya adalah pembangunan Stadion Gelora Bung Karno. Maka pemerintah menyikapi permasalahan ekonomi tersebut adalah salah satunya dengan memaksimalkan peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Penjelasan:

Pada masa Demokrasi Terpimpin, selain memaksimalkan peran BUMN sebagai bagian dari kebijakan ekonomi saat itu, upaya lainnya antara lain memaksimalkan peran koperasi. Salah satu  koperasi yang dikembangkan adalah koperasi tani (koperta) yang memiliki peran sama dengan perusahan Negara sebagai alat ekonomi terpimpin. Pemerintah juga  memberlakukan Peraturan Pemerintah Nomor 10 Desember 1959 mengenai  ketentuan bahwa semua perusahaan milik pengusaha Tionghoa dialihkan ke  koperasi untuk menggantikan jalur distribusi yang semula dikuasai oleh pengusaha Tionghoa.

Materi pembahasan tentang Proyek Mercusuar bisa disimak pada link berikut: yomemimo.com/tugas/4830464

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ArdhaIchsan dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 13 Jan 22