Ada satu daerah di Indonesia yaitu Papua yg msh menggunakan

Berikut ini adalah pertanyaan dari bantuingw64221 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Ada satu daerah di Indonesia yaitu Papua yg msh menggunakan sistem ekonomi tradisional...Pertanyaan...
Ceritakan dan uraikan secara lengkap daerah Papua yg msh menggunakan sistem ekonomi tradisional...​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Sebelum sistem ekonomi berkembang sangat modern seperti sekarang ini, dulu dikenal juga dengan sebuah sistem yang lebih tradisional. Sistem ekonomi tradisional memiliki beberapa perbedaan yang sangat mencolok dan signifikan bila dibandingkan dengan sistem ekonomi modern sekarang ini.

Dalam menjalankan perekonomian suatu negara, dibutuhkan sebuah sistem yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat mengalokasikan sumber daya milik negara tersebut pada seluruh rakyatnya. Sistem ekonomi masing-masing negara berbeda dengan negara lainnya.

Begitu pula dalam satu negara, sistem ekonomi juga bisa berbeda dari masa ke masa. Meski tidak semaju sekarang, pada masa lalu juga terdapat sebuah sistem ekonomi yang sama-sama bertujuan dalam pemenuhan hidup masyarakatnya. Salah satunya yaitu

Papua adalah provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Pulau Papua. Sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi, dengan bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat (Pabar). Provinsi Papua memiliki luas 312.224,37 km2 dan merupakan provinsi terbesar dan terluas pertama di Indonesia.

Salah satu senjata tradisional di Papua adalah Pisau Belati. Senjata ini terbuat dari tulang kaki burung kasuari dan bulunya menghiasi hulu Belati tersebut. senjata utama penduduk asli Papua lainnya adalah Busur dan Panah. Busur tersebut dari bambu atau kayu, sedangkan tali Busur terbuat dari rotan. Anak panahnya terbuat dari bambu, kayu atau tulang kangguru. Busur dan panah dipakai untuk berburu atau berperang.

Sistem ekonomi akan digunakan oleh negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya untuk warga negara baik untuk individu maupun organisasi di negara tersebut. Karenanya sistem ekonomi terdiri dari prosedur-prosedur untuk mencapai tujuan

Ada sistem ekonomi di mana semua faktor produksi dipegang oleh pemerintah tetapi ada juga sistem ekonomi yang memberikan kebebasan kepada individu untuk menguasai faktor produksi. Pada artikel kali ini, Jurnal akan membahas lebih jauh mengenai sistem ekonomi tradisional.

Maaf kalau salah:))

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rdhxy dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 25 Jul 21