1. Kemukakan tentang makna falsafah hidup falsalah hidup bagi bangsa

Berikut ini adalah pertanyaan dari sweetjunggis pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Kemukakan tentang makna falsafah hidup falsalah hidup bagi bangsa dan negara!2. Kemukakan dan jelaskan ciri-ciri karakteristik pemikiran filsafat!
3. Jelaskan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Kesatuan yang Utuh dan tersusun secara Sistematis!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

No 1: filsafat adalah suatu bidang ilmu yang senantiasa ada dan menyertai kehidupan manusia. Melalui penjelasan tersebut bisa disimpulkan, Pancasila sebagai suatu produk filsafat yang digunakan sebagai suatu pandangan hidup.

Filsafat Pancasila juga memiliki fungsi dan peran sebagai pedoman dan pegangan sikap, tingkah laku serta perbuatan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk bangsa Indonesia.

No 2: Berikut ini ciri-ciri berpikir filsafat yaitu:

Berpikir secara universal, yaitu berpikir dengan menggunakan rasio atau empirisnya, bukan menggunakan intuisinya. Berpikir secara konseptual, yaitu berpikir yang melampaui batas pengalaman sehari-hari manusia, sehingga menghasilkan sebuah pemikiran baru yang terkonsep.

No 3: Sistem nilai adalah konsep atau gagasan menyeluruh mengenai apa yang hidup dalam pikiran seseorang atau anggota masyarakat.Tentang apa yang dipandang baik, berharga, penting dalam hidup, serta berfungsi sebagai pedoman yang memberi arah dan orientasi pada kehidupan masyarakat.Kesatuan sila-sila Pancasila bersifat organis..

Penjelasan:

Maaf klo salah:))

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rdhxy dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 25 Jul 21