contoh soal tentang pendapatan nasional ekonomi makro

Berikut ini adalah pertanyaan dari kadekandii99 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Contoh soal tentang pendapatan nasional ekonomi makro

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

-Produk Nasional Bruto (GNP)

Produk nasional bruto adalah jumlah nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat dalam jangka waktu setahun. Barang-barang tersebut terdiri dari barang-barang final, artinya barang konsumsi dan modal yang sudah mencapai tahap penggunaan akhir.

-Produk Nasional Netto (NNP)

Produk Nasional Netto adalah GNP dikurangi nilai penyusutan dan penggantian modal.

-Pendapatan Nasional Netto (NNI)

Pendapatan Nasional Netto adalah jumlah nilai semua balas jasa yang diterima faktor-faktor produksi setelah dikurangi pajak tidak langsung, seperti pajak penjualan dan bea impor.

-Pendapatan Perseorangan (PI)

Pendapatan perseorangan adalah pendapatan yang sesungguhnya, sapai ke tangan orang yang turut serta dalam produksi. Tidak seluruh pendapatan nasional netto itu jatuh ke tangan faktor-faktor produksi karena masih harus dikurangi laba yang tidak dibagikan, pajak perseorangan, iuran jaminan sosial ditambah pembayaran bersifat pindahan (transfer).

-Pendapatan Bebas (DI)

Akhirnya terdapatlah residu pendapatan dinamakan disposable income. pendataan ini menjadi hak milik mutlak penerima dan merupakan jumlah sisa pendapatan perseorangan dikurangi pajak langsung

Semoga membantu!

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh cathri dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 10 Jan 22