3 SD Negeri Kasatrian adalah sekolah favorit di salah satu

Berikut ini adalah pertanyaan dari agusfixxoxo pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3 SD Negeri Kasatrian adalah sekolah favorit di salah satu kota besar di Indonesia. Sekolah ini dipimpin olehIbu Anida yang merupakan kepala sekolah terbaik tahun 2022. Program sekolah untuk tahun pelajaran
baru bermaksud ingin menciptakan predikat sekolah yang “Religus”. Sebagai persiapan ibu Anida
melakukan pendataan potensi sekolah. Jumlah kelas ada 6 rombel. Semua mata pelajaran memiliki guru
kelas dan guru mata pelajaran. Khusus pelajaran agama masih berstatus guru hononer. Ruang Kelas dan
Administrasi tersedia. Ruang mushola tersedia dengan ukuran masih sangat kecil. Perpustakaan tersedia
berbagai jenis buku, termasuk buku-buku pelajaran tersedia memadai untuk siswa, sedangkan buku
bacaan agama masih sangat terbatas jumlahnya.
Berdasarkan data tersebut, Anda diminta merancang 3 program kegiatan sekolah untuk menuju predikat
“Sekolah Religius”. Rancangan program menggunakan tabel berikut.
No Program Tujuan Sasaran Sumber Dana

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sebuah ambisi yang patut diapresiasi dari sebuah SD dan kepala sekolah pendidikan tingkat dasar. Untuk mendapatkan predikat sekolah 'religius', tentunya ibu Anida perlu mendapatkan informasi lebih jauh syarat-syaratnya, apakah hanya sebatas formal seremonial ataukah lebih fundamental. Pemahanam akan makna 'religius' ini perlu dikuasai oleh ibu Anida sebagai kepala sekolah dan beliau juga harus memiliki tujuan yang jelas apa yang ingin dicapai dari mendapatkan predikat tersebut.

Jika predikat 'religius' lebih esensial dan fundamental ketimbang formal dan seremonial saja, maka dengan konteks pendidikan dasar, program yang disarankan tidak perlu muluk-muluk namun efektif dan tepat guna dalam usaha menciptakan siswa yang berprestasi dan beradab sesuai dengan nilai-nilai agama yang diajarkan. Tiga program yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah kebersihan sekolah, kelas study agama dan renovasi tempat ibadah.

Penjelasan:

Berikut ini adalah penjabaran tentang tiga program tersebut:

  • Kebersihan sekolah: Program ini tampak tidak istimewa tapi yang dimaksud disini adalah kebersihan diri, lingkungan sekitar, kelas, luar kelas, hingga halaman dan fasilitas sekolah plus kebersihan pikiran dan hati. Kegiatan yang dilakukan adalah menjaga kebersihan secara berkala, membuat peraturan sekolah yang mendukung kebersihan diri, hati dan pikiran serta membiasakan untuk melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang akan membutuhkan waktu karena ada proses pembiasaan yang memerlukan sikap teladan dan dukungan para guru dan staff sekolah, termasuk orang tua.
  • Kelas study agama: kelas study agama disini bukan hanya untuk siswa Muslim tapi juga non muslim sesuai dengan agama masing-masing. Kegiatan yang dilakukan adalah mempelajari dan mengamalkan ayat-ayat kitab suci yang sederhana sesuai dengan kemampuan siswa sekolah dasar seperti menjaga kerukunan sosial, menghormati perbedaaan dan orang tua, membantu sesama. Fokus kelas study agama disini bukan tentang pelajaran di kelas dan penghafalan ayat-ayat melainkan pengamalan dan pemahaman makna ayat-ayat yang tersurat dan tersirat. Selain itu, guru-guru yang dilibatkan dalam kelas study tersebut diseleksi sebelum diajukan untuk pengangkatan sebagai pegawai tetap demi mendukung kelancaran proses pengajaran.
  • Renovasi tempat ibadah: Yang dimaksud disini bukan hanya mushola namun juga tempat ibadah untuk pemeluk agama lain demi mendukung kegiatan agama secara menyeluruh tanpa terkecuali.

Pelajari Lebih Lanjut:

  1. Materi tentang kegiatan beragama yomemimo.com/tugas/14634133
  2. Materi tentang kerukunan beragama yomemimo.com/tugas/4078547
  3. Materi tentang pemahaman agama yomemimo.com/tugas/18797657

Detil Jawaban:

Kelas: SMA

Mapel: IPS

Bab:-

Kode:-

#AyoBelajar #SPJ2

Sebuah ambisi yang patut diapresiasi dari sebuah SD dan kepala sekolah pendidikan tingkat dasar. Untuk mendapatkan predikat sekolah 'religius', tentunya ibu Anida perlu mendapatkan informasi lebih jauh syarat-syaratnya, apakah hanya sebatas formal seremonial ataukah lebih fundamental. Pemahanam akan makna 'religius' ini perlu dikuasai oleh ibu Anida sebagai kepala sekolah dan beliau juga harus memiliki tujuan yang jelas apa yang ingin dicapai dari mendapatkan predikat tersebut. Jika predikat 'religius' lebih esensial dan fundamental ketimbang formal dan seremonial saja, maka dengan konteks pendidikan dasar, program yang disarankan tidak perlu muluk-muluk namun efektif dan tepat guna dalam usaha menciptakan siswa yang berprestasi dan beradab sesuai dengan nilai-nilai agama yang diajarkan. Tiga program yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah kebersihan sekolah, kelas study agama dan renovasi tempat ibadah. Penjelasan:Berikut ini adalah penjabaran tentang tiga program tersebut:Kebersihan sekolah: Program ini tampak tidak istimewa tapi yang dimaksud disini adalah kebersihan diri, lingkungan sekitar, kelas, luar kelas, hingga halaman dan fasilitas sekolah plus kebersihan pikiran dan hati. Kegiatan yang dilakukan adalah menjaga kebersihan secara berkala, membuat peraturan sekolah yang mendukung kebersihan diri, hati dan pikiran serta membiasakan untuk melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang akan membutuhkan waktu karena ada proses pembiasaan yang memerlukan sikap teladan dan dukungan para guru dan staff sekolah, termasuk orang tua.Kelas study agama: kelas study agama disini bukan hanya untuk siswa Muslim tapi juga non muslim sesuai dengan agama masing-masing. Kegiatan yang dilakukan adalah mempelajari dan mengamalkan ayat-ayat kitab suci yang sederhana sesuai dengan kemampuan siswa sekolah dasar seperti menjaga kerukunan sosial, menghormati perbedaaan dan orang tua, membantu sesama. Fokus kelas study agama disini bukan tentang pelajaran di kelas dan penghafalan ayat-ayat melainkan pengamalan dan pemahaman makna ayat-ayat yang tersurat dan tersirat. Selain itu, guru-guru yang dilibatkan dalam kelas study tersebut diseleksi sebelum diajukan untuk pengangkatan sebagai pegawai tetap demi mendukung kelancaran proses pengajaran. Renovasi tempat ibadah: Yang dimaksud disini bukan hanya mushola namun juga tempat ibadah untuk pemeluk agama lain demi mendukung kegiatan agama secara menyeluruh tanpa terkecuali. Pelajari Lebih Lanjut:Materi tentang kegiatan beragama https://brainly.co.id/tugas/14634133Materi tentang kerukunan beragama https://brainly.co.id/tugas/4078547Materi tentang pemahaman agama https://brainly.co.id/tugas/18797657Detil Jawaban:Kelas: SMAMapel: IPSBab:-Kode:-#AyoBelajar #SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh MRWAR dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 01 Aug 22