1. Pak Tayo adalah seorang pengusaha transportasi yang memiiki 1

Berikut ini adalah pertanyaan dari nanikindri872 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Pak Tayo adalah seorang pengusaha transportasi yang memiiki 1 kendaraan yg digunakan untuk bisnisnya. Berdasarkan pengalaman yg dimilikinya pak Tayo melakukan perhitungan jika dia menambah 2 unit maka keuntungan bisnisnya perbulan akan naik 3 kali lipat dari keuntungan semula. Karena semakin berkembang, pak Tayo ingin menambah armada transportasinya sebanyak 2 unit sehingga kendaraan operasional bisnisnya menjadi 3 buah. Ternyata pak Tayo tidak memiliki modal untuk membeli kendaraaan tambahan tersebut sehingga pak tayo datang ke bank untuk mencari informasi kredit usaha. Dari bank, pak Tayo mendapat informasi dan dia melakukan perhitungan jika mengggunakan kredit selama 5 tahun maka besaran angsuran (pokok+bunga/bagi hasil) per bulan yang harus di bayarkan pak Tayo adalah 50% dari total keuntungan perbulan setelah 3 armadanya beroperasi (berdasarkan perhitungan di atas). Singkat cerita pak tayo mengambil kredit dari bank tersebut selama 5 tahun. Kenyataan yang terjadi adalah keuntungan yang di dapatkan pak Tayo setelah penambahan armada ternyata tidak sesuai yang dia perkirakan. Ternyata keuntungan setelah 3 armada berjalan per bulan hanya 1,5 kali dari keuntungan semula (1 kendaraaan). Bagaimana kondisi diatas, apakah bisa disebut sebagai pemberdayaan ekonomi pak Tayo selama 5 tahun kredit bank berjalan? Berikan alasan saudara! (kodisi normal tanpa ada kasus seperti sekarang ini)2. Terdapat dua istilah yaitu “peasant” dan “farmer”. Secara umum pelaku sector pertanian di Indonesia adalah “peasant” (https://ibtimes.id/petani-kita-adalah-peasant/). Berikan pendapat saudara bagaimana :

a. Strategi yang dapat di terapkan pemerintah dalam merubah petani kita dari peasant menjadi farmer?
b. Strategi yang dapat dijalankan olehh para petani dalam merubah dari peasant menjadi farmer?
3. Berikan gambaran bagaimana hubingan antara kearifan lokal dengan pemberdayaaan ekonomi masyarakat!
4. Pengertian kesetaraan gender merujuk kepada suatu keadaan setara antara laki laki dan perempuan dalam pemenuhan hak dan kewajiban(http://sdgs.bappenas.go.id/tujuan-5). Berikan pendapat sauudara terkait kesetaraaan gender (kesamaan hak dan kewajiban) seperti apa yg harusnya di terapkan!
5. Salah satu program pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan adalah dengan Bantuan Sosial Tunai (BST). Berikan pandangan saudara terkait BST jika dilihat dari kaca mata pemberdayaan!

Tolong bantu jwb dong ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

saya tahu beberapa jawaban dari soal tersebut..

Penjelasan:

karena saya juga mendapatkan soal yang sama hehehehehe :v

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Canaufal dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 29 Sep 21