Jelaskan bagaimana meminimalkan conflict of interest dalam kontek manajemen

Berikut ini adalah pertanyaan dari heheru77 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan bagaimana meminimalkan conflict of interest dalam kontek manajemen keuangan, khususnya antara manajemen, pemegang saham dan kreditor?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Teori keagenan atau teori agensi adalah teori yang menjelaskan tentang hubungan kerja antara pemilik perusahaan (pemegang saham) dan manajemen.

Manajemen adalah agen yang ditunjuk oleh pemegang saham (prinsipal) yang diberi tugas dan wewenang mengelola perusahaan atas nama pemegang saham.

Teori keagenan atau teori agensi muncul ketika pemegang saham mempekerjakan pihak lain dalam mengelola perusahaan yang dimilikinya. Teori agensi melakukan pemisahan terhadap pemegang saham (prinsipal) dengan manajemen (agen).

Mengatasi Masalah Keagenan

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi atau lebih tepatnya meminimalkan konflik kepentingan yang terjadi antara prinsipal dan agen, seperti yang diutarakan oleh Bathala(1994):

Menyamakan kepentingan manajemen

Pengawasan Good corporate governance (GCG)

Pemberian reward dan punishment (penghargaan dan hukuman)

Utang sebagai sumber pendanaan perusahaan

Intervensi langsung oleh pemegang saham

Meningkatkan kepemilikan saham oleh institusi

Penjelasan:

Maaf kak jika Salah ;)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh inspirasimartono dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 23 Jul 21