1. Apa yang dimaksud dengan ungkapan dunia tanpa batas pada

Berikut ini adalah pertanyaan dari chikofdwganteng pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Apa yang dimaksud dengan ungkapan dunia tanpa batas pada bacaan di atas jelaskan.Seluruh negara bisa saling terhubung yang seakan-akan tidak terbatas oleh batas wilayah

2. Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Berikan contoh dalam kehidupanmu sehari-hari?
Globalisasi adalah proses mendunia yang membuat setiap individu atau negara bisa saling terhubung tanpa terpengaruh oleh batas negara.
Contohnya adanya barang impor seperti kendaraan bermotor dan HP kita bisa mengobrol dengan orang lain yang berbeda daerah menemui makanan dari negara lain mengetahui berita yang terjadi di luar negeri dan bertatap muka secara virtual dengan orang berbeda wilayah

3. Apa pengaruh globalisasi yang kamu rasakan saat ini?
Saya bisa memakai barang dari negara lain berbincang dengan seseorang tanpa tatap muka bisa mengonsumsi makanan dari negara lain nonton film Buatan luar negeri

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pertanyaan diatas tampaknya agak janggal mengingat penanya sudah memberi jawaban sendiri, disadari atau pun tidak, saat menyalin dari sumber.  Jawaban disini akan disesuaikan dengan model jawaban penjawab.

Penjelasan:

  1. Dalam globalisasi, dunia memang menjadi tanpa batas-batas wilayah geografis saat kebijakan ekonomi suatu negara tergabung dalam sistem yang melunturkan batas-batas geografis lewat perdagangan bebas. Bahkan saat internet kian mengglobal, makin hilanglah batas antara ranah pribadi, bisnis dan hal-hal lainnya.
  2. Globalisasi adalah sebuah kondisi dimana masyarakat dunia terhubung menjadi satu tanpa batas dimana setiap individu, organisasi atau perusahaan mendapat kesempatan dan akses yang sama untuk berkembang secara mendunia. Hal ini mencakup di semua bidang, termasuk teknologi, budaya, seni, pendidikan, sains dan sebagainya. Contoh dari globalisasi adalah sosial media dimana kita dapat mengakses informasi apapun dari negara manapun dan sebaliknya. Kita tidak perlu bertemu fisik saat terkoneksi dengan internet kepada siapa saja di pelosok bumi ini.
  3. Pengaruh globalisasi yang bisa dirasakan selain kesetaraan akses dan informasi yaitu justru sisi negatifnya saat kesenjangan kian melebar, baik secara ekonomi dan sosial. Karena globalisasi yang sangat tergantung pada kebebasan pasar, justru juga bisa disusupi pihak-pihak yang mengambil keuntungan dari kontrol yang lemah sehingga muncul spekulan yang dapat mempermainkan harga pasar demi keuntungan pihak tertentu atau pribadi yang akhirnya menciptakan sebuah hak istimewa (priviledge) untuk mengeksploitasi bangsa yang tidak memiliki akses yang sama atau negara yang bebas merenggut hak privasi rakyat nya dengan memata-matai penduduknya demi sebuah ambisi politik.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang globalisasi

yomemimo.com/tugas/22412696

Materi tentang kesenjangan dalam globalisasi

yomemimo.com/tugas/25416664

yomemimo.com/tugas/5355218

Detil jawaban:

Kelas: SMA

Mapel: Ekonomi

Bab: perdagangan internasional

Kode: 11.12.8

#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh MRWAR dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 09 Jan 22