Sistem keuangan adalah suatu jaringan pasar keuangan (financial market), institusi,

Berikut ini adalah pertanyaan dari rzrdh1998 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sistem keuangan adalah suatu jaringan pasar keuangan (financial market), institusi, sector usaha, rumah tangga, lembaga pemerintah yang merupakan peserta sekaligus memiliki wewenang mengatur operasi system keuangan tersebut.Fungsi pokok system keuangan adalah mentransfer dana-dana (loanable funds) dari penabung atau unit surplus kepada peminjam/unit defisit.

Metode Transfer Dana Dalam Sistem Keuangan
Metode pemindahan dana dari unit surplus ke unit defisit tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan 3 cara, Metode Pembiayaan Langsung (Direct Financing Method), Metode Pembiayaan Semi Langsung, Metode Pembiayaan tidak langsung (indirect financing method).

Pertanyaan
Jelaskan ke 3 Metode tersebut dan gambarkan bagan arus dana dalam sistem keuangan!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1) Metode pemindahan dana dari unit surplus ke unit defisit:

  1. Metode Pembiayaan Langsung (Direct Financing Method): cara pemberian kredit dimana si penabung dapat bertemu langsung dengan si peminjam tanpa menggunakan jasa lembaga keuangan.
  2. Metode Pembiayaan Semi Langsung: pertukaran dana antara si penabung dan si peminjam menggunakan intervensi pihak ketiga, seperti dealer, broker, dll.
  3. Metode Pembiayaan tidak langsung (indirect financing method): cara pemberian kredit antara penabung dan peminjam secara tidak langsung, namun menggunakan jasa bank.

2) Bagan arus dana dalam sistem keuangan (terlampir)

Pembahasan

Uang adalah aset dari sebuah ekonomi dari masyarakat untuk membeli barang dan jasa dari orang lain. Uang itu diterima sebagai alat tukar.

Fungsi dari uang:

  1. Alat tukar
  2. Menghargai barang
  3. Penyimpan kekayaan

Sistem keuangan adalah kelompok / institusi dalam sebuah ekonomi yang berfungsi untuk membantu mempertemukan antara orang yang menabung dan orang yang meminjam.

Peminjam (defisit) <------sistem keuangan-------> Penabung (surplus)

Sistem keuangan dibagi dua, yaitu:

  • Pasar keuangan: institusi finansial dimana penabung dapat secara langsung menyediakan dana ke peminjam. Misalnya, saham, obligasi.
  • Perantara keuangan: institusi finansial dimana penabung dapat  memberikan dana ke peminjam secara tidak langsung. Misalnya, bank, perusahaan asuransi. managed funds.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian keuangan yomemimo.com/tugas/10683846
  2. Materi tentang pengertian manajemen keuangan yomemimo.com/tugas/6984312
  3. Materi tentang pengertian keuangan yomemimo.com/tugas/35304138

----------------------------------------

Detil jawaban

Kelas: SMA

Mapel: Ekonomi

Bab: Sistem Keuangan

Kode: -

#AyoBelajar

1) Metode pemindahan dana dari unit surplus ke unit defisit:Metode Pembiayaan Langsung (Direct Financing Method): cara pemberian kredit dimana si penabung dapat bertemu langsung dengan si peminjam tanpa menggunakan jasa lembaga keuangan. Metode Pembiayaan Semi Langsung: pertukaran dana antara si penabung dan si peminjam menggunakan intervensi pihak ketiga, seperti dealer, broker, dll. Metode Pembiayaan tidak langsung (indirect financing method): cara pemberian kredit antara penabung dan peminjam secara tidak langsung, namun menggunakan jasa bank. 2) Bagan arus dana dalam sistem keuangan (terlampir)Pembahasan Uang adalah aset dari sebuah ekonomi dari masyarakat untuk membeli barang dan jasa dari orang lain. Uang itu diterima sebagai alat tukar. Fungsi dari uang:Alat tukarMenghargai barangPenyimpan kekayaan Sistem keuangan adalah kelompok / institusi dalam sebuah ekonomi yang berfungsi untuk membantu mempertemukan antara orang yang menabung dan orang yang meminjam. Peminjam (defisit) <------sistem keuangan-------> Penabung (surplus)Sistem keuangan dibagi dua, yaitu:Pasar keuangan: institusi finansial dimana penabung dapat secara langsung menyediakan dana ke peminjam. Misalnya, saham, obligasi. Perantara keuangan: institusi finansial dimana penabung dapat  memberikan dana ke peminjam secara tidak langsung. Misalnya, bank, perusahaan asuransi. managed funds. Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian keuangan https://brainly.co.id/tugas/10683846Materi tentang pengertian manajemen keuangan https://brainly.co.id/tugas/6984312Materi tentang pengertian keuangan https://brainly.co.id/tugas/35304138----------------------------------------Detil jawaban Kelas: SMAMapel: Ekonomi Bab: Sistem Keuangan Kode: -#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vanhoughen93p06m60 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 19 Jul 21