Jelaskan sistem ekonomi yang dianut negara Indonesia dan sebutkan kelebihan

Berikut ini adalah pertanyaan dari yy6443137 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan sistem ekonomi yang dianut negara Indonesia dan sebutkan kelebihan dan kelemahannya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

sMacam Bentuk Sistem Ekonomi – Sistem ekonomi sebagai aturan dan tata cara yang mengatur perilaku masyarakat dalam berkegiatan ekonomi. Setiap negara memiliki sistem ekonominya masing-masing. Dan, setiap sistem ekonomi yang digunakan dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari ideologi hingga struktur ekonomi. Simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai sistem perekonomian berikut ini:

Daftar Isi

Pengertian Sistem Ekonomi

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Ahli

1. Dumairy (1966)

2. Gilarso (1992)

3. Mc. Eachern

4. Chester A Bemand

5. Gregory Grossman dan M. Manu

6. M. Hatta

7. L. James Havery

Jenis-Jenis Sistem Ekonomi

1. Sistem Ekonomi Tradisional

Kelebihan Sistem Ekonomi Tradisional :

Kekurangan Sistem Ekonomi Tradisional:

2. Sistem Ekonomi Komando

Kelebihan Sistem Ekonomi Komando:

Kekurangan Sistem Ekonomi Komando

3. Sistem Ekonomi Campuran

4. Sistem Ekonomi Sosialis

Kelebihan Sistem Ekonomi Sosialis:

Kekurangan Sistem Ekonomi Sosialis;

5. Sistem Ekonomi Pasar

Sistem Ekonomi di Indonesia

Rekomendasi Buku dan Artikel Ekonomi

Pengertian Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi merupakan seluruh tata cara yang digunakan dalam mengkoordinasikan perilaku masyarakat mencakup produsen, konsumen, pemerintah, bank, dan lainnya dalam menjalankan kegiatan ekonomi baik dalam hal produksi, distribusi, konsumsi, maupun investasi yang secara terintegrasi membentuk satu kesatuan utuh teratur dan dinamis sehingga mampu menghindari kekacauan di bidang ekonomi.

McEachern sendiri mendefinisikan sistem ekonomi sebagai seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawab pertanyaan tentang apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi. Sistem ekonomi juga dapat dipahami sebagai perangkat yang digunakan suatu negara untuk mengelola faktor ekonomi dan mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya melalui unit-unit dan lembaga-lembaga ekonomi guna menghindari kekacauan di bidang ekonomi.

Dalam suatu negara adanya sistem ekonomi sangat penting karena berfungsi sebagai pendorong sistem produksi. Selain itu, sistem ekonomi juga berfungsi untuk menciptakan suatu mekanisme agar proses distribusi barang dan jasa berjalan dengan baik.

Pengertian Sistem Ekonomi Menurut Ahli

Berikut ini beberapa definisi sistem ekonomi menurut para ahli:

1. Dumairy (1966)

Sistem ekonomi merupakan sistem yang mengatur hubungan ekonomi antara manusia dan pembentukan kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan.

Sistem ekonomi tidak harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan pandangan, pola dan filsafat hidupnya. Ia juga yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu ketahanan.

2. Gilarso (1992)

Sistem ekonomi merupakan cara yang digunakan untuk mengkoordinasikan perilaku keseluruhan masyarakat dalam menjalankan kegiatan ekonomi baik itu produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan lain sebagainya sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan dinamis, juga dapat menghindari terjadinya kekacauan.

3. Mc. Eachern

Sistem ekonomi dapat didefinisikan sebagai seperangkat mekanisme dan institusi yang menjawab pertanyaan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa dibuat.

4. Chester A Bemand

Sistem ekonomi sebagai suatu kesatuan terpadu yang di dalamnya terdapat bagian-bagian dan masing-masing; bagian itu memiliki ciri dan batasnya sendiri.

5. Gregory Grossman dan M. Manu

Sistem ekonomi adalah sekumpulan yang terdiri atas unit, agen serta lembaga-lembaga ekonomi yang bukan saja saling berhubungan dan berinteraksi tapi juga pada tingkat tertentu saling mempengaruhi.

6. M. Hatta

Sistem ekonomi yang baik haruslah berdasarkan pada asas kekeluargaan.

maaf kalo salah

semoga membantu^^

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh kalikaal749 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 06 Dec 21