Jika uang beredar meningkat 10% dan yang lainnya tetap berapakah

Berikut ini adalah pertanyaan dari lalakgusrita pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jika uang beredar meningkat 10% dan yang lainnya tetap berapakah kenaikantingkat suku bunga nominal?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) jumlah uang beredar dalam arti luas (M2) atau likuiditas perekonomian meningkat pada Februari 2020 Posisi M2 pada Februari 2020 tercatat Rp6.116,5 triliun atau tumbuh 7,9 persen (year on year/yoy), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan bulan Januari 2020 yang sebesar 7,1 persen (yoy). Peningkatan M2 ini disebabkan oleh peningkatan jumlah uang beredar (JUB) dalam arti sempit (M1), uang kuasi, maupun surat berharga selain saham.

Tercatat, uang beredar dalam arti sempit (M1) meningkat dari 7,9 persen menjadi 8,6 persen. Selanjutnya, uang kuasi tumbuh 7,5 persen dari sebelumnya 6,8 persen dan untuk surat berharga selain saham naik dari 31,8 persen mnejadi 34,7 persen. Peningkatan juga terjadi pada surat berharga selain saham, dari 31,8 persen pada bulan sebelumnya menjadi 34,7 persen (yoy) pada Februari 2020.

Artikel ini mencoba menjelaskan keterkaitan JUB dengan inflasi di Indonesia. Setelah pendahuluan, bagian kedua dan ketiga masing-masing menjelaskan konsep JUB dan inflasi. Bagian keempat menjelaskan hubungan antara JUB dan inflasi. Bagian terakhir merupakan catatan penutup untuk melengkapi tulisan ini.

Jumlah Uang Beredar (JUB)

JUB atau penawaran uang (money supply) adalah seluruh persediaan uang dalam suatu perekonomian. Dalam salah satu buku teks disebutkan JUB adalah total persediaan uang yang beredar luas di masyarakat. JUB dapat mencakup uang kertas, uang logam dan saldo yang disimpan dalam rekening giro dan tabungan, dan pengganti uang lainnya.

Menurut BI, uang beredar adalah kewajiban sistem moneter (Bank Sentral, Bank Umum, dan Bank Perkreditan Rakyat/ BPR) terhadap sektor swasta domestik (tidak termasuk pemerintah pusat dan bukan penduduk). Kewajiban yang menjadi komponen Uang Beredar terdiri dari uang kartal yang dipegang masyarakat (di luar Bank Umum dan BPR), uang giral, uang kuasi yang dimiliki oleh sektor swasta domestik, dan surat berharga selain saham yang diterbitkan oleh sistem moneter yang dimiliki sektor swasta domestik dengan sisa jangka waktu sampai dengan satu tahun

maap kepanjangan nanti di potong di bagian yang penting aja yaa moga membantu:)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dienraraffii dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 06 Aug 21