3. Agar dapat lebih memahami konsep penting dalam penyuluhan, jelaskan

Berikut ini adalah pertanyaan dari saikomarsi pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Agar dapat lebih memahami konsep penting dalam penyuluhan, jelaskan apa yang dimaksud dengan:a. Falsafah penyuluhan!
b. Enam (6) falsafah penyuluhan (sebutkan dan uraikan)!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. falsafah penyuluhan merupakan kegiatan mendidik seseorang (kegiatan pendidikan) yang mempunyai  tujuan merubah perilaku klien atau penerima penyuluhan sesuai dengan yang direncanakan agar tidak tertinggal oleh zaman.

b. 6 Falsafah penyuluhan diantaranya :

  • Falsafah mendidik mempunyai makna dalam pendidikan yang sesuai Ki Hajar Dewantoro sebutkan bahwa dalam proses pendidikan digunakan falsafah  jawa yang mempunyai arti Di depan memberi teladan, Di tengah membangun kemauan, Dan di belakang memberi dorongan yang dapat membuat falsafah dalam pendidikan berjalan sesuai harapan bangsa dan negara.
  • Falsafah demokrasi merupakan kebebasan untuk berkembang agar para penerima penyuluhan dapat mandiri sekaligus bisa bertanggung jawab sesuai dengan perkembangan intelektual yang terdapat pada seseorang.
  • Falsafah Individu lebih menunjukkan potensi diri dalam pendidikan/penyuluhan karena merupakan hal yang penting dalam perkembangan diri.
  • Falsafah Membantu diri merupakan landasan orientasi pentingnya individu membantu diri sendiri agar mengerti segala apa yang dapat dikembangkan dan berguna juga untuk diri sendiri maupun untuk orang.
  • Falsafah Membakar Sampah memiliki pengertian bahwa dalam membersihkan sesuatu harus sampai ke akar-akarnya, tidak adanya hal negatif yang akan menjadi tidak sesuai apa yang diinginkan dan diharapkan.
  • Falsafah Kontinu (terus menerus) merupakan falsafah yang menuntut diri berkembang sesuai dengan berkembangnya teknologi diantaranya dapat menyajikan materi, cara menyajikan dan menggunakan alat bantu sesuai dengan perkembangan teknologi tersebut.

Pembahasan :

falsafah merupakan gagasan atau pandangan fenomena kehidupan dan pemikiran manusia sebagai konsep yang mendasar sebagai pedoman kehidupan manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Pelajari Lebih Lanjut :

Pelajari lebih lanjut materi tentang Filsafat pada yomemimo.com/tugas/87119

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh azisriyadi dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 01 Aug 22