9. Jelaskan bagaimana keseimbangan antara permintaan dan penawaran di pasardapat

Berikut ini adalah pertanyaan dari apriltrymend pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

9. Jelaskan bagaimana keseimbangan antara permintaan dan penawaran di pasardapat terbentuk
10. Bagaimana jika harga jual suatu barang melebihi harga keseimbangan pasar?apa
yang akan terjadi, jelaskan!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

9.Harga keseimbangan terbentuk karena adanya proses tawar-menawar antara penjual dan pembeli.harga keseimbangan ini biasanya terjadi saat pembeli menurunkan harga dan penjual menaikkan harga, jika kurva penawaran dengan permintaan saling berpotongan maka pasar dalam kondisi ekuilibrium atau seimbang. adanya keseimbangan antara jumlah penawaran dan permintaan akan membentuk harga pasar.

10.Apabila harga barang melebihi harga keseimbangan dapat terjadi pergeseran keseimbangan berupa kelebihan penawaran kelebihan penawaran ini dinamakan market surplus maka setiap penjualan juga akan bersaing dalam menawarkan barang yang mereka jual karena jumlah barang yang melimpah, namun di sisi lain jumlah pembeli akan sedikit sehingga harga akan turun dan dapat mendorong jumlah permintaan dan penawaran menuju keseimbangan pasar.

#semoga membantu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh admirersecret dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 07 Jul 21