Terkait praktik pengendalian harga, pemerintah Indonesia telah melakukan dengan mendirikan

Berikut ini adalah pertanyaan dari faturrizki20 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Terkait praktik pengendalian harga, pemerintah Indonesia telah melakukan dengan mendirikan Bulog dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).a. Jelaskan bagaimana kerja Bulog dan KPPU melakukan pengedalian harga
b. Bagaimana keberadaan Bulog dan KPPU menurut perspektif ekonomi syariah

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. Cara Kerja Bulog dan KPPU

Usulan pertama adalah agar Harga Eceran Tertinggi (HET) direvisi untuk dibagi menjadi dua.

HET untuk beras bagi kalangan menengah ke bawah yang ditetapkan oleh pemerintah. Serta beras untuk kelas menengah ke atas yang harganya disesuaikan dengan pasar.

Kedua adalah merevisi Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk kelas menengah ke atas. Ketiga, pertemuan tersebut sepakat mendorong pemerintah memangkas jaringan distribusi. keempat memperkuat perum Bulog untuk menyerap padi rakyat lebih besar, dan kelima, memastikan kedepan tidak ada lagi penggerebekan bagi pedagang atau industri beras.

b. Keberadaan Bulog dan KPPU

menurut perspektif ekonomi syariah adalah bahwasanya monopoli dalam Islam diperbolehkan dengan ketentuan bahwa perilaku tersebut tidak merugikan kepentingan umum. Islam memperbolehkan siapapun berusaha sesuai prinsip kebebasan ekonomi, namun yang dilarang adalah perilaku yang merugikan masyarakat.

Penjelasan:

Semoga membantu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh kurniailham511 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 08 Jul 21