1.A. Siapakah yang membuat kebijakan moneter! B. Apa yang dimaksud

Berikut ini adalah pertanyaan dari schirlalustianaamri pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1.A. Siapakah yang membuat kebijakan moneter! B. Apa yang dimaksud kebijakan moneter 2. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis kebijakan moneter 3. A Faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi kebijakan moneter, beri penjelasan!! B. Jelaskan pengaruh kebijakan moneter bagi perekonomian Indonesia​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. A. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dikeluarkan bank sentral untuk stabilisasi ekonomi seperti mengatur jumlah uang yang beredar.

B. Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dikeluarkan bank sentral untuk stabilisasi ekonomi seperti mengatur jumlah uang yang beredar. Tujuan kebijakan moneter adalah untuk pengendalian ekonomi secara makro agar tercipta kestabilan ekonomi dengan mengatur jumlah yang yang beredar.

2. Kebijakan Moneter Ekspansif. ...

Kebijakan Moneter Kontraktif. ...

3. A. Pemeliharaan Nilai Mata Uang

Sebagai bank sentral yang ada di Indonesia, BI memiliki otoritas fiskal guna mengatur nilai tukar mata uang rupiah dengan mata uang asing. Bank ini memiliki wewenang untuk meningkatkan atau bahkan mengurangi jumlah uang yang beredar di pasaran.

Jika bank mengeluarkan lebih banyak uang cetak, maka secara tidak langsung hal ini akan membuat nilai tukar mata uang tersebut cenderung lebih murah. Begitupun sebaliknya. Karenanya, bank sentral harus mampu melakukan tindakan terukur demi stabilitas ekonomi

Manajemen Inflasi

Selain mengatur nilai mata uang, kebijakan ini juga bertujuan untuk memanajemen tingkat inflasi. Bagaimanapun, tingkat inflasi yang terlalu rendah atau tinggi, tidak cukup baik bagi perekonomian sebuah negara. Karenanya, harus selalu dipantau dan bahkan diatasi dengan adanya kebijakan tertentu.

Pengangguran

Teratasinya masalah pengangguran ternyata juga menjadi salah satu tujuan dari adanya kebijakan ini. Kebijakan ini bisa berpengaruh, mengingat pasokan uang yang besar mampu menjadi perangsang terciptanya berbagai kegiatan bisnis dan perluasan lapangan kerja.

B. Dampak kebijakan moneter terhadap perekonomian. Kebijakan moneter ditujukan untuk menjaga agar likuiditas dalam perekonomian berada dalam jumlah yang “tepat” sehingga dapat melancarkan transaksi perdagangan tanpa menimbulkan tekanan inflasi.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh aqeelacalisa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 30 Jan 22