bentuk kegiatan dan peran dari koperasi konsumsi​

Berikut ini adalah pertanyaan dari ayamkuahgulaiayambak pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Dasar

Bentuk kegiatan dan peran dari koperasi konsumsi​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban

bentuk kegiatan koperasi di Indonesia

Koperasi dibentuk berdasarkan tujuan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Hal tersebut yang menyebabkan koperasi dibedakan ke dalam beberapa jenis sesuai dengan kepentingan anggota atau kelompoknya.

Jenis Koperasi berdasarkan Keanggotaannya

Jika mengacu dari sisi keanggotaan, koperasi terdiri atas dua jenis, yakni koperasi primer dan sekunder.

Koperasi primer: merupakan koperasi perseorangan yang beranggotakan minimal 20 orang.

Koperasi sekunder: beranggotakan gabungan organisasi atau badan-badan koperasi serta memiliki cakupan daerah kerja yang luas dibandingkan dengan koperasi primer.

Jenis Koperasi berdasarkan Bidang Usaha

Jenis koperasi yang mengacu PP No. 60/1959 ini dibedakan berdasarkan lapangan usaha dan/atau tempat tinggal para anggota koperasi. Berikut jenis koperasi menurut PP No.60/1959.

Koperasi Konsumsi

Koperasi konsumsi didirikan untuk memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari para anggotanya dengan harga yang terjangkau.

Barang kebutuhan yang dijual di koperasi konsumsi pun lebih murah dari toko biasa, mengingat tujuan koperasi ini dibentuk untuk kesejahteraan dan anggotanya dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Koperasi Desa

Koperasi desa adalah koperasi serbausaha yang berada di wilayah pedesaan dan beranggotakan penduduk desa dengan kepentingan yang sama.

Koperasi desa dibentuk untuk menunjang kegiatan usaha dalam sektor ekonomi yang berkaitan dengan pertanian atau perikanan, misalnya menyediakan kebutuhan alat, produk, serta penunjang usaha, dan lain sebagainya.

Koperasi Pertanian

Koperasi pertanian adalah koperasi yang anggota-anggotanya terdiri atas petani pemilik tanah, buruh tani yang berkepentingan, serta bermatapencaharian yang berikaitan dengan usaha pertanian.

Koperasi pertanian mencakup segala kebutuhan mulai dari produksi, pengolahan sampai pada pembelian atau penjualan bersama hasil usaha pertanian.

Koperasi Peternakan

Koperasi peternakan beranggotakan pengusaha dan buruh peternakan yang kepentingan serta mata pencahariannya berkaitan dengan usaha peternakan.

Koperasi peternakan dapat didirikan berdasarkan jenis ternak yang diusahakan atau dipelihara.

Koperasi Perikanan

Koperasi perikanan adalah koperasi anggotanya terdiri atas pengusaha atau pemilik alat perikanan, buruh nelayan yang kepentingan serta mata pencarhariannya langsung berhubungan dengan usaha perikanan.

Koperasi Kerajinan/Industri

Koperasi kerajinan atau industri beranggotakan pengusaha pemilik alat produksi dan buruh kerajinan/industri serta mata pencahariannya berhubungan dengan usaha kerajinan/industri.

Koperasi industri menjalankan usaha-usaha yang berkaitan dengan usaha kerajinan/industri mulai dari produksi sampai pada pembelian/penjualan bersama

hasil-hasil usaha kerajinan/industri.

Peran Koperasi Konsumsi

Koperasi Konsumen

Adalah jenis koperasi yang melaksanakan kegiatan berupa penyediaan barang atau jasa yang dibutuhkan para anggotanya. Koperasi konsumen berperan untuk mempertinggi daya beli guna meningkatkan pendapatan para anggotanya

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh muhnoah dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 09 Jul 22