Perhatikan pernyataan berikut ini (1) Adanya penilaian pendahuluan untuk memilih

Berikut ini adalah pertanyaan dari jeonkookie06 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Dasar

Perhatikan pernyataan berikut ini(1) Adanya penilaian pendahuluan untuk memilih usaha yang paling mungkin dilakukan
(2) Mempertimbangkan faktor-faktor produksi yang diperlukan
Pernyataan di atas merupakan tahap perencanaan usaha yang dinamakan..
A. Tahap Seleksi Pendahuluan
B. Tahap Penilaian
C. Tahap Identifikasi
D. Tahap Studi Kelayakan
E. Tahap Evaluasi​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Adanya penilaian pendahuluan untuk memilih usaha yang paling mungkin dilakukan
  2. Mempertimbangkan faktor-faktor produksi yang diperlukan

Berdasarkan pernyataan diatas, tahap perencanaan usaha dinamakan A. Tahap seleksi pendahuluan.

Penjelasan:

Pada dasarnya, kegiatan perencanaan memiliki empat tahap sebagai peringkat berikut:

  1. Menetapkan target dan tujuan yang dimulai dengan kebutuhan kebutuhan dan kebutuhan organisasi dan kelompok kerja. Jika tidak ada formulasi target atau tujuan yang jelas, organisasi  menggunakan sumber daya yang tidak efektif.
  2. Buat status saat ini, pahami posisi dan kondisi organisasi Anda saat ini, dan sasaran atau sumber  daya yang tersedia untuk mencapai tujuan  sangat penting sebagai gol berikutnya. Hanya setelah menganalisis keadaan  saat ini organisasi Anda, rencana tersebut dapat diformulasikan untuk menggambarkan rencana kegiatan lebih lanjut. Pada tahap kedua ini, informasi keuangan dan data statistik yang diperoleh komunikasi dalam organisasi diperlukan.
  3. Untuk mengukur kemampuan organisasi dalam mencapai tujuannya, perlu mengidentifikasi semua fasilitas dan hambatan, semua kekuatan dan kelemahan, dan mengidentifikasi fasilitas dan hambatan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui faktor lingkungan internal dan eksternal yang dapat membantu organisasi Anda mencapai tujuannya atau menimbulkan masalah. Meskipun sulit, bagian penting dari proses perencanaan adalah memprediksi potensi situasi, masalah, peluang, dan risiko di masa depan.
  4. Pengembangan rencana atau rangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan Pada tahap akhir dari proses perencanaan, dikembangkan berbagai alternatif kegiatan untuk mencapai tujuan, alternatif-alternatif tersebut dievaluasi, dan di antara berbagai alternatif tersebut Pilih alternatif yang terbaik (paling memuaskan). .

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang perencanaan usaha, pada: yomemimo.com/tugas/26503954

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 21 Jun 22