5 Jelaskan perbedaan aliran barang dengan aliran modal pada sistem

Berikut ini adalah pertanyaan dari mahronicoy17 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Dasar

5 Jelaskan perbedaan aliran barang dengan aliran modal pada sistem perekonomian terbuka dengan memberikan contoh! Jelaskan pula keterkaitannya dengan pengelolaan investasi aktif dan pasif?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Perbedaan aliran barang dan aliran modal pada sistem perekonomian terbuka adalah aliran barang merupakan kegiatan ekspor dan impor barang yang berlangsung antar negara.  Sedangkan aliran modal adalah pinjaman dan pembayaran antara lembaga pemerintah di satu negara dengan negara lain.  

Contoh aliran barang adalah negara A sebagai penghasil daging terbaik melakukan ekspor ke sejumlah negara. Selanjutnya negara A tersebut menerima impor barang-barang terbaik yang dihasilkan negara-negara tujuan ekspor. Sedangkan contoh aliran modal adalah negara A sebagai negara pengekspor daging menerima pembayaran dari negara-negara tujuan pengirimannya.

Adapun keterkaitannya dengan pengelolaan investasi aktif dan pasif adalah investasi aktif banyak dipakai untuk penanaman modal jangka pendek, sedangkan investasi pasif banyak dilakukan untuk menanam modal jangka panjang. Keduanya memiliki peran dalam transaksi perdagangan internasional yang menimbulkan aliran barang dan aliran modal, seperti yang sudah dijelaskan pada jawaban diatas.

Pembahasan

Sistem perekonomian terbukaadalah sistem perekonomian yang berinteraksi dengan dunia luar melaluiperdagangan internasional, pergerakan modal, transfer informasi dan pengetahuan teknis serta migrasi tenaga kerja. Perekonomian terbuka memiliki peran penting dalam kegiatan ekspor dan impor barang dan jasa serta modal dengan negara-negara lain.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang contoh perekonomian terbuka dan tertutup yomemimo.com/tugas/12776233

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rinidinia dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 15 Feb 23