Jelaskan pengertian pendekatan kardinal dan ordinal beserta contohnya

Berikut ini adalah pertanyaan dari ichafajry pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Dasar

Jelaskan pengertian pendekatan kardinal dan ordinal beserta contohnya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pendekatan kardinal merupakan salah stau teori konsumsi yang memiliki anggapan bahwa kepuasan dari konsumen ini dapat diukur dengan menggunakan satuan hitung tertentu. Pendekatan kardinal ini contohnya Ana berniat untuk membeli baju baru dengan menggunakan uang sekian guna mendapatkan baju yang sekarang lagi populer. Namun setelah tiba di toko, ternyata harga baju yang diinginkan oleh Ana lebih mahal dari uang yang ia miliki saat itu. Uang yang dibawa Ana cukup untuk membeli baju yang tidak sesuai dengan kesukaannya, maka Ana akhirnya membatalkan belanjanya. Tindakan Ana sesuai dengan teori perilaku atau pendekatan  kardinal yang mana dalam hal ini Ana batal membeli baju tersebut karena merasa penambahan kepuasan yang akan didapatkan tidak sesuai dengan harga yang akan ia bayarkan. Sedangkan untuk pendekatan ordinal merupakan suatu manfaat yang didapatkan oleh konsumen ini tidak dapat untuk dinyatakan secara kuantitatif atau berarti tidak dapat diukur, pendekatan ini contohnya seseorang yang memilih handphone Xiomi dari pada Samsung, dan lebih menyukai iphone daripada xiomi, dan juga lebih tertarik xiomi daripada nokia.

Pembahasan

Pendekatan kardinal merupakan salah stau teori konsumsi yang memiliki anggapan bahwa kepuasan dari konsumen ini dapat diukur dengan menggunakan satuan hitung tertentu.

Dalam teori tingkah laku dari konsumen ini dapat kita bedakan menjadi dua bentuk pendekatan yaitu pendekatan nilai guna (utility) atau kardinal dan pendekatan nilai guna ordinal. Terdapat persamaan antara dua pendekatan tersebut yakni sama dalam hal menjelaskan adanya tindakan konsumsi yang mengkonsumsi barang-barang dengan harga dan pendapatan yang diperolehnya yang sesuai agar dapat mencapai tujuan yang maksimal.

Pelajari lebih lanjut

Detail jawaban

Kelas : X

Mapel : Ekonomi

Bab : Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya

Kode : 10.12.1

#AyoBelajar

#SPJ5

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Syubbana dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 12 Dec 15