Menerima pendapatan dari klien atas jasa yang diberikan sebesar rp

Berikut ini adalah pertanyaan dari indhira2837 pada mata pelajaran Ujian Nasional untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Menerima pendapatan dari klien atas jasa yang diberikan sebesar rp 30.000.000 dimana rp 20.000.000 dibayar tunai dan sisanya akan dibayarkan di kemudian hari.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pendapatan dari klien untuk 30.000.000 layanan, dimana Rp. 20.000.000 akan dibayarkan secara tunai dan sisanya akan dibayarkan di kemudian hari. Dengan kata lain, keuntungannya adalah Meningkat Rp. 20.000.000 dan piutang bersisa Rp 10.000.000.

Pembahasan

Penjualanyang  belum merupakan pendapatan atau penjualan di muka (prepaid sales) adalah penjualan atau penjualan dimana bisnis telah menerima pembayaran dimuka, meskipun bukan karena bisnis selama periode tersebut.

Karena jumlah yang diterima bukanlah pendapatan atau penjualan untuk periode tersebut, jumlah ini merupakan  uang muka yang diterima oleh perusahaan dan termasuk dalam kategori kewajiban lancar.

Mengakui ataumencatat pendapatan diterima dimuka atau prapenjualan (pendapatan dibayar di muka) dalam buku besar atau akun komersial.

Pendapatan  diterima dimuka atau  penjualan dibayar dimuka tidak termasuk dalam pendapatan usaha untuk tujuan menghitung penghasilan kena pajak dan pajak penghasilan terutang, dan oleh karena itu diklasifikasikan sebagai kewajiban lancar dalam pos kewajiban di neraca perusahaan.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai materi piutang pada link berikut :

yomemimo.com/tugas/10194950?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 27 Sep 22