Diketahui fungsi komsumsi C = 100 + 0,4 Y, maka

Berikut ini adalah pertanyaan dari mazokisz pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Dasar

Diketahui fungsi komsumsi C = 100 + 0,4 Y, maka ketika pendapatan nasional sebesar $ 1.000,-, maka besarnya tabungan adalah​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Konsumsi bisa diartikan sebagai kegiatan penggunaan barang dan jasa dalam rumah tangga. Tujuannya yaitu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dari penghasilan yang didapat.

Sedangkan tabungan tidak jauh berbeda dari konsumsi, yang mana juga berasal dari penghasilan. Perbedaan dari keduanya yaitu jika konsumsi adalah penghasilan yang dikeluarkan, sementara tabungan adalah penghasilan yang disimpan. Dengan memahami fungsi konsumsi dan tabungan, dapat membantu kita dalam melakukan pengelolaan keuangan yang benar.

  • Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi fungsi konsumsi dan tabungan, seperti ekonomi, kekayaan, penghasilan, suku bunga, kemampuan hemat, dan dana pensiun. Tinggi rendahnya penghasilan seseorang memang menjadi faktor terpenting dalam fungsi konsumsi dan tabungan ini.

Untuk memahami fungsi konsumsi dan tabungan lebih lanjut, berikut kami sampaikan bagaimana perhitungan dalam fungsi konsumsi dan tabungan yang dilansir

Dalam buku berjudul Teori Ekonomi dan Penerapannya di Asia (1981), seorang ahli ekonomi, Dr. Mubyarto menyebutkan bahwa pertambahan pendapatan akan membuat pertambahan konsumsi dan tabungan.

Fungsi konsumsi dan tabungan dapat dituliskan dalam rumus tertentu.

Fungsi konsumsi adalah hubungan jumlah konsumsi dan penghasilan. Dan fungsi tabungan adalah hubungan jumlah tabungan dengan penghasilan. Maka, rumus dari fungsi konsumsi dan tabungan dapat ditulis:

Y = C + S

C disebut sebagai konsumsi

S disebut sebagai tabungan

Fungsi konsumsi sendiri pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli ekonomi yang bernama John Maynard Keynes. Keynes menyebutkan bahwa ada empat asumsi yang menunjukkan sifat khusus pada fungsi konsumsi, yang berkaitan dengan fungsi konsumsi dan tabungan.

  • Terdapat sejumlah konsumsi mutlak (absolut) tertentu untuk mempertahankan hidup walaupun tidak mempunyai pendapatan uang.
  • Konsumsi berhubungan dengan pendapatan yang dapat dibelanjakan (disposible income), yaitu C = f (Yd).
  • Jika pendapatan yang siap dibelanjakan meningkat, maka konsumsi juga akan meningkat walaupun dalam jumlah yang lebih sedikit.
  • Proporsi kenaikan pendapatan yang siap dibelanjakan untuk konsumsi adalah konstan. Proporsi ini disebut kecenderungan konsumsi marginal

Penjelasan:

semoga membantu jadikan yg tercerdas

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh srim87007 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 05 Jun 23